Spek Komputer Game untuk Para Gamer

Spek Komputer Game untuk Para Gamer

Saat ini, banyak permainan atau game yang membutuhkan suatu sistem tertentu agar bisa tetap dimainkan. Sistem tersebut biasanya terdapat di PC. Walaupun banyak game bisa dimainkan melalui ponsel, tetapi untuk beberapa game hanya bisa dimainkan melalui PC. Dalam tulisan ini akan membahas mengenai spek komputer game yang bisa dijadikan referensi ketika akan nge-game.

Agar bisa mendapatkan berbagai fitur dari game tersebut, komputer atau PC pengguna harus memenuhi kriteria. Ada beberapa spesifikasi kebutuhan sistem komputer untuk bisa menerima fitur-fitur game. Oleh karena itu, sebaiknya para gamer menggunakan PC yang sesuai. Berikut spesifikasi PC atau komputer yang bisa digunakan untuk acuan para gamer:

Bacaan Lainnya

1. CPU atau Processor

Agar mendapatkan kinerja ataupun fitur dari game, pengguna sebaiknya memakai CPU minimal Six-core maupun Quad-core. Ada beberapa game yang membutuhkan kecepatan kerja CPU, misalnya adalah game-game modern. Oleh karena itu, pengguna perlu menggunakan CPU atau Processor dengan kecepatan tinggi agar bisa memainkan game tersebut. Selain itu, para gamer bisa leluasa bisa bermain dengan nyaman.

Baca Juga : Cara Downgrade Android OPPO Tanpa Ribet

CPU yang menjadi spek komputer game yang direkomendasikan biasanya dirilis kurang lebih 1-3 tahunan ke belakang. Semakin baru CPU dirilis, berarti teknologinya juga semakin baru dan canggih. Sehingga dapat mendukung para gamer dalam memainkan. Oleh karena itu, pengguna harus pintar dalam memilih CPU atau Processor agar bisa digunakan sesuai dengan harapan.

2. GPU Diskrit atau Kartu Grafis

Tidak hanya CPU, sebaiknya pengguna juga menggunakan GPU dengan dirilis 1-3 tahun kebelakang. Semakin baru, GPU akan mudah mengadopsi teknologi yang lebih canggih dengan bandwidth yang tinggi. Pengguna atau gamer bisa memilih menggunakan beberapa pilihan. Bisa menggunakan GPU mid-end ataupun low-end.

3. Media Penyimpanan

Supaya memperoleh kinerja komputer atau PC yang baik, pengguna disarankan menggunakan perangkat PC dengan penyimpanan SSD. Apa keuntungan menggunakan penyimpanan jenis SSD? Dengan memakai SSD, komputer akan lebih optimal dalam bekerja. Oleh karena itu ketika bermain game, pengguna tidak perlu khawatir lagi tiba-tiba komputer bermasalah. Bermain game pun akan lebih menyenangkan.

Apalagi game yang dimainkan adalah game modern yang memang membutuhkan penyimpanan yang lebih. SSD yang digunakan pun harus cukup besar dan biaya yang dikeluarkan pun juga cukup mahal. Namun, walaupun cukup mahal SSD tersebut mampu bekerja dengan baik. Ada pilihan lain jika pengguna tidak menggunakan SSD yaitu bisa menggunakan hard disk.

Baca Juga : 2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

4. Sistem Operasi

Pengguna atau gamer bisa memilih menggunakan Linux atau Microsoft windows dalam memainkan game. Namun, pengguna lebih disarankan menggunakan Microsoft windows dengan versi terbaru. Jika pengguna menggunakan Microsoft sebaiknya menggunakan windows 10. Dalam windows tersebut sudah ada program-program yang cukup lengkap untuk bermain game.

5. RAM

Ketika bermain game, RAM ini sangat mendukung kualitas gameplay dengan resolusi dan kualitas yang tinggi. Oleh karena itu pengguna sebaiknya memilih RAM yang besar. Dengan RAM yang besar, komputer bisa menyimpan bermacam-macam komponen game.

Misalnya asset, map, mod, texture, dan tentunya masih banyak lagi. Pengguna setidaknya memiliki komputer dengan RAM minimal 16 GB agar bisa bermain game dengan nyaman.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama PC Windows 10 dengan Mudah

Itulah 5 spek komputer game yang direkomendasikan untuk para gamer agar bisa lebih mudah dalam bermain game. Para gamer sebaiknya memperhatikan game apa yang bakal dimainkan sehingga bisa menyesuaikan spesifikasi komputer yang digunakan. Pengguna juga harus bisa memilih spesifikasi komputer agar bisa digunakan dengan nyaman.

Pos terkait