5 Makanan Bayi Hamster Yang Aman Untuk Dikonsumsi

5 Makanan Bayi Hamster Yang Aman Untuk Dikonsumsi

Bayi hamster memang sangat lucu dan menggemaskan, namun merawat bayi hamster tidak semudah yang dibayangkan walaupun ada hamster indukannya. Perawatan bayi hamster tidak bisa dilakukan sembarangan terutama dalam menyiapkan makanan. Jika terjadi kesalahan maka resikonya adalah hewan ini akan sakit bahkan mati. Apa saja makanan bayi hamster yang boleh diberikan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Susu

Seperti halnya bayi manusia, hamster yang berusia 0 hingga 15 hari tidak boleh diberikan makanan lain selain air susu induknya. Tidak ada makanan bayi hamster yang lebih baik dari air susu yang mengandung berbagai nutrisi untuk perkembangan tubuh hamster. Di usia 0-15 hari ini periksa dengan teliti apakah bayi hamster mendapatkan cukup air susu dari induknya.

Bacaan Lainnya

Untuk menghasilkan susu yang berkualitas bagi anaknya, induk hamster yang sedang menyusui tidak boleh dibiarkan kelaparan. Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi indukan hamster agar dapat menyusui dengan tenang. Sebagian besar kasus indukan yang memangsa anaknya sendiri disebabkan oleh kurangnya asupan makanan sehingga hamster kelaparan.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Hamster Ternyata Semudah Ini

2. Sayuran Lunak

Sayuran seperti wortel, brokoli, gambar atau kol sudah boleh diberikan pada bayi hamster di usia 15 hari. Tetapi semua jenis sayuran ini harus dipotong kecil dan direbus terlebih dahulu. Tauge yang direbus sangat baik untuk diberikan pada bayi hamster yang mulai bertransisi dari masa menyusui ke makanan padat karena tauge mengandung vitamin K yang cukup tinggi.

Untuk hamster mata merah, sangat disarankan untuk menambahkan wortel rebus pada menu makanannya. Hamster mata merah sangat rentan dengan penyakit katarak, karena itu memberikan wortel sejak bayi dapat menurunkan resiko terkena serangan katarak.

Pemberian sayuran lunak ini disertai air putih, karena di usia 15 hari bayi hamster mulai mengurangi kegiatan menyusu pada induknya sehingga membutuhkan tambahan cairan. Pastikan wadah untuk memberikan makanan dalam kondisi bersih.

Namun tidak semua sayuran boleh diberikan pada bayi hamster. Kentang dan selada merupakan sayuran yang tidak boleh diberikan pada hamster baik yang masih bayi maupun sudah dewasa.

3. Putih Telur Rebus

Setelah bayi hamster menginjak usia 15 hari, hewan ini membutuhkan asupan tambahan selain susu induknya. Selain sayuran lunak, bayi hamster sudah boleh menerima asupan protein tambahan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Susah Pipis dan Penyebabnya, Pecinta Kucing Wajib Tahu

Protein yang disarankan untuk bayi hamster berasal dari putih telur rebus. Putih telur lebih diutamakan daripada kuning telur karena mengandung protein yang tinggi. Berikan putih telur rebus yang sudah benar-benar matang dengan suhu hangat.

4. Buah-Buahan

Di usia 30 hari, bayi hamster sudah boleh merasakan beraneka jenis makanan termasuk buah-buahan. Tapi tidak semua buah dapat diberikan kepada hamster. Beberapa jenis buah justru berbahaya bagi kesehatan bayi hamster. Jangan memberikan tomat, jeruk dan apel yang mengandung biji kepada hamster. Jika ingin memberikan buah apel, potong kecil-kecil dan buang bijinya terlebih dahulu.

5. Biji-Bijian Dan Kacang-Kacangan

Bayi hamster yang sudah menginjak usia diatas 1 bulan sudah dapat diberi makanan yang beragam. Beberapa jenis biji-bijian sudah bisa dimakan oleh hewan ini di usia 1 bulan. Awali dengan memberikan beras merah dan jagung sebagai asupan karbohidrat.

Beberapa jenis kacang juga boleh dikonsumsi bayi hamster di usia ini, seperti kacang hijau yang berguna untuk pertumbuhan gigi hamster. Namun jangan memberikan makanan berjenis kacang secara berlebihan.

Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga jika hamster terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan akan menimbulkan obesitas. Berikan kacang-kacangan sebagai makanan selingan saja.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

Demikian ulasan mengenai makanan bayi hamster yang boleh diberikan agar hewan lucu ini dapat tumbuh besar dengan baik. Selain makanan yang sehat, kebersihan kandang juga harus selalu dijaga agar bayi hamster dan induknya terhindar dari penyakit.

Pos terkait