Jenis Dan Cara Pakai Android TV Box Paling Mudah

Jenis Dan Cara Pakai Android TV Box Paling Mudah

Saat ini Cara pakai android TV box sedang banyak dicari oleh pengguna baru android TV box. Hal tersebut dikarenakan android TV box sedang populer dan banyak orang yang tadinya menggunakan TV biasa beralih ke android TV box. Android TV box memiliki harga yang bervariasi dan lumayan terjangkau.Harga yang ditawarkan oleh android TV box yaitu sekitar 265.000 sampai dengan 1 juta. Harga tersebut tergantung dari merk dan model android TV box.

Jenis Android TV Box

Terdapat dua macam android TV yaitu TV box dan TV stick. Perbedaanya ada di ukuran dan fiturnya Yang pasti, android TV box lebih banyak fitur yang dapat dinikmati oleh penggunanya dibandingkan dengan android Tv Stick. Sebelum membahas caranya kenali dulu dua jenis android TV box nya.

Bacaan Lainnya

1. TV Box

Seperti yang telah dibahas di atas, android TV box Memiliki size yang lebih besar dibandingkan dengan android TV stick. Android TV box juga lebih banyak peminatnya dibanding dengan android TV stick. Jenis yang satu ini telah dilengkapi port USB yang bisa menampilkan file yang terdapat di penyimpanan eksternal semacam flashdisk dan SD card.

Baca Juga : 5 Cara Pasang Android TV Box Ke TV LED Paling Mudah

Android TV box juga sudah dilengkapi port yang dapat menghubungkan dengan jaringan internet seperti LAN. Selain port-port itu juga terdapat port yang dapat dipakai untuk output audio yang Namanya Port SPDIF. Dilengkapi dengan 4 port android TV box menjadi favorit sebagian orang.

2. TV Stick

Android TV box dan TV stick cara pakainya sangatlah berbeda. Ukuran android TV stick lebih kecil yaitu semacam modem tetapi sudah dilengkapi dengan port OTG, HDMI, dan kabel USB. Android TV stick memiliki bentuk persegi dan bentuknya minimalis.

Meskipun ukurannya lebih kecil, namun sudah dilengkapi dengan aksesori tambahan semacam micro USB atau memori. Penambahan aksesoris tersebut menambah kecanggihan android TV stick. Ukuran serta fitur yang lebih kecil tidak menjadikan android TV stick kalah dengan yang lainnya.

Cara Pakai Android TV Box

Cara pakai android tv box ada 2 yaitu dengan menggunakan WiFi dan menggunakan jaringan LAN. kedua cara tersebut harus mempunyai koneksi internet yang stabil. Jika jaringan internet tidak stabil maka penggunaan android TV box akan terhambat dan tidak lancar. jadi saat menghubungkan ke jaringan internet pastikan mengikuti langkah-langkah yang seharusnya. berikut caranya:

1. Menggunakan WiFi

Cara yang satu ini sangat mudah yakni seperti menggunakan android smartphone. Pengguna hanya perlu menghidupkan WiFi atau Jaringan nirkabel yang dapat diaktifkan melalui status bar atau bisa juga melalui pengaturan langsung.Kemudian lanjutkan ke jaringan Wireless, lalu pilihlah akses point yang terdapat di WiFi atau Jaringan Hotspot. Jika sudah terhubung maka android TV box sudah dapat digunakan.

Baca Juga : 5 Cara Android Sambung Ke Tv Paling Praktis

2. Menggunakan Jaringan LAN

Menggunakan android TV box tidak hanya bisa melalui jaringan WiFi namun juga dapat menggunakan jaringan LAN. Cara pakai android TV box lewat LAN yaitu dilakukan dengan port LAN yang terhubung langsung dengan jaringan internet. Menggunakan LAN adalah cara yang paling tepat yang dapat pengguna pilih. Hal itu disebabkan karena pengguna hanya perlu port LAN untuk menancapkan kabel.

Tidak hanya itu, ada pengaturan lain jika pengguna ingin memakai android TV box. Pengaturan lain itu ada dibagian media player yang terdapat di smartphone pengguna. Fungsi dari media player yaitu untuk mengatur android TV box melalui smartphone dengan leluasa.

Cara kedua ini adalah cara yang lebih efisien serta praktis, karena dengan adanya sistem android pengguna dapat dengan mudah menggunakannya. Apalagi untuk melakukan setting dengan berbagai sentuhan.

Jika TV sudah dilengkapi dengan kabel port HDMI, maka pengguna dapat melakukannya dengan lebih mudah. Akan tetapi sebaiknya pengguna harus mempunyai daan memakai RCA Converter agar dapat merubah perangkat digital yang ada di Google TV box ke bagian perangkat analog. Pengguna dapat melakukannya dengan kabel LAN yang ada di Android TV box.

Baca Juga : Inilah Keunggulan Serta Langkah Cara Flash Android Qualcomm Terbaru

Itulah cara pakai android TV box yang mudah dan praktis. Pada intinya penggunaan android TV box harus menggunakan jaringan internet yang stabil. Jika ingin membeli android TV box harus tahu terlebih dahulu cara pakainya agar tidak bingung.

Pos terkait