5 Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer, Bisa Dilakukan Di Rumah

5 Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer, Bisa Dilakukan Di Rumah

Kelinci adalah hewan yang menyukai kebersihan. Hewan ini tidak menyukai kotoran yang menempel pada bulunya yang lebat. Setelah mandi kelinci harus dikeringkan menggunakan hair dryer agar bulunya yang lebat benar-benar kering. Namun bagaimana jika tidak ada hair dryer? Simak ulasan di bawah ini mengenai cara memandikan kelinci tanpa hair dryer:

1. Keringkan Bulu dengan Berjemur

Memandikan kelinci membutuhkan trik dan cara yang tepat agar bulunya yang lebat benar-benar kering hingga ke bagian dalam. Jika bagian dalam bulunya tidak benar-benar kering maka bakteri akan bersarang di dalamnya dan menyebabkan berbagai penyakit kulit. Mengering tubuh kelinci menggunakan hair dryer memang merupakan alternatif terbaik namun bagaimana jika tidak ada hair dryer?

Bacaan Lainnya

Menjemur kelinci di bawah sinar matahari merupakan alternatif terbaik untuk mengeringkan tubuh kelinci setelah dimandikan. Keringkan tubuhnya sambil digosok menggunakan handuk kecil dan pastikan semua bagian tubuh kelinci terkena sinar matahari. Sambil dijemur, kelinci juga bisa diberi perawatan lain seperti dibersihkan di bagian telinga dan hidung, juga menggunting kukunya.

Baca Juga : Keunggulan Jenis Kelinci Bligon dan Tips Beternaknya

Sinar matahari juga bagus untuk kesehatan tubuh kelinci. Namun jangan menjemur kelinci diatas jam 10 pagi karena kualitas sinar matahari pada jam tersebut sudah menurun.

2. Gunakan Corn Starch atau Tepung Jagung

Cara memandikan kelinci tanpa hair dryer berikutnya adalah dengan menggunakan tepung jagung atau disebut juga cornstarch. Metode ini umumnya dilakukan oleh peternak kelinci yang sering kesulitan memandikan hewan ternaknya karena bulunya terkena lumpur sehingga sulit dibersihkan dengan air.

Metode ini juga dinilai lebih efektif bagi para pecinta kelinci yang memelihara hewan ini lebih dari satu, karena dapat membersihkan bulu kelinci tanpa memerlukan air dan hair dryer sehingga dinilai lebih praktis. Memandikan kelinci dengan air terkadang juga membutuhkan perjuangan dan kesabaran karena kelinci sering memberontak.

Cara memandikan kelinci menggunakan metode ini adalah dengan meletakkan kelinci dalam posisi yang nyaman, kemudian taburkan tepung jagung di beberapa bagian tubuhnya yang kotor. Sikat bagian yang kotor menggunakan sisir khusus bulu. Dalam sekejap semua kotoran yang menempel akan rontok.

3. Sikat Bulu Menggunakan Baby Powder

Kelinci adalah hewan yang sangat suka jika bulunya disikat. Ini disebabkan oleh sifat dasarnya yang menyukai kebersihan. Sikatlah bulu kelinci menggunakan sikat khusus yang dirancang khusus untuk bulu kelinci.

Baca Juga : 5 Cara Memberi Minum Kelinci, Pemula Wajib Tahu

Jika kelinci peliharaan memiliki bulu yang panjang, maka pastikan untuk rajin mengguntingnya secara berkala. Panjang bulu kelinci yang baik adalah 2,5 cm, jika bulunya terlalu panjang maka akan rentan kusut dan sulit untuk dibersihkan.

Bedak tabur bayi atau baby powder juga dapat digunakan untuk memandikan kelinci tanpa air dan hair dryer. Namun jangan gunakan talcum powder karena talc memiliki zat yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit kelinci.

Caranya dengan menaburkan baby powder pada bagian tubuh kelinci yang kotor lalu sikat menggunakan sikat bulu. Pastikan kelinci merasa nyaman ketika mandi kering dengan cara ini, agar tidak memberontak saat bulunya disikat. Rasa tidak nyaman akan menimbulkan stress pada kelinci.

4. Keringkan Bulu Kelinci dengan Handuk

Jika cuaca sedang mendung dan sinar matahari tidak cukup kuat untuk mengeringkan bulu kelinci, cara berikut ini masih dapat dilakukan agar bulu kelinci kering dengan sempurna. Setelah kelinci dimandikan hingga bersih, angkat selama beberapa saat dari baskom atau bak mandinya dengan cara memegang pundaknya. Biarkan air turun selama beberapa waktu, kemudian lilitkan handuk ke seluruh badan kelinci.

Gosokkan handuk ke setiap bagian tubuh kelinci terutama di bagian yang tersembunyi. Dibutuhkan kesabaran untuk melakukan metode ini karena bisa menghabiskan waktu yang lama tergantung ketebalan bulu kelinci.

5. Keringkan Bulu Kelinci Menggunakan Hand Fan

Cara berikutnya yang dapat digunakan adalah menggunakan hand fan atau kipas genggam. Namun jangan menggunakan metode ini pada saat kelinci dalam kondisi yang sangat basah karena akan menyebabkan hewan ini terkena flu.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Bayi Kelinci yang Baru Dilahirkan

Keringkan kelinci terlebih dahulu dengan handuk atau kain lembut. Setelah bulunya setengah kering nyalakan hand fan dan arahkan ke beberapa bagian tubuh kelinci yang bulunya lebat.

Demikian ulasan mengenai cara memandikan kelinci tanpa hair dryer agar bulu kelinci peliharaan tetap sehat, kering dan indah. Jika tidak dapat memandikan sendiri, sebaiknya kelinci peliharaan di bawa ke petshop atau pet groom yang lebih ahli menangani perawatan hewan peliharaan.

 

Pos terkait