Resep Donat Kentang yang Simple
Resep Donat Kentang - Selingkaran

Resep Donat Kentang yang Simple

Selingkaran.com – Kue Donat dikenal dengan kue yang bolong pada tengah-tengah kue, dari bentuknya yang unik ini donat juga bisa dikreasikan dalam berbagaimacam rasa, jadi tak jarang kita temui banyak para penjaja kue yang menyajikan kue donat dengan toping bermacam maca, dan saat ini juga ada perusahaan ternama yang terkenal di Indonesia yang khusus menjual donat degnan berbagaimacam jenis.

Tetapi bagi ibu-ibu yang ingin membuatnya dirumah, bisa menggunakan resep donat kentang berikut ini, penasaran? yuk kita praktekan bersama


Cara Membuat Donat Kentang

Bahan untuk membuat Donat Kentang

  • 750 gram Tepung terigu
  • 400 gram kentang
  • 75 gram susu bubuk
  • 125 gram bubuk gula halus
  • ½ teh garam halus
  • 5 butir telur (ambil kuningnya)
  • 100 gram mentega
  • 1 sachet ragi instan
  • 125 ml air yang dingin

Cara Pembuatan Donat Kentang

  1. Pertama kupas kentang lalu dikukus, lalu di haluskan dengan blender dan biarkan sampai dingin.
  2. Kedua Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi, aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukan kentang dan juga kuning telur aduk terus sampai rata, tambahkan air dingin dan diaduk terus sampai adonan menjadi setengah kalis. Lalu Masukan mentega, dan garam aduk terus sampai adonan menjadi benar benar kalis, iamkan selama 15 menit supaya agak mengembang.
  4. Jika sudah bentuk adonan menjadi bulat bulat dengan ukuran sesuai selera masing-masing diamkan lagi selama 20 menit sambil semua bahan dibentuk bulat sampai habis.
  5. Lalu beri lubang ditengahnya seperti bentuk donat, dan goreng pada minyak dengan api sedang sampai donat berwarna kuning keemasan. Cara menggorenya pakai sumpit kayu masukan ditengah lubang donat lalu digoyang dan diputar-putar supaya donat mengembang dan matang merata (tidak gosong)
  6. Angkat donat dan tiriskan, lalu taburi dengan gula halus, atau dengan toping coklat atau kacang sesuai keinginan anda.

Dengan memprakekan resep diatas, semoga anda bisa berhasil dalam membuat donat kentang yang empuk dan tentunya enak ya netizen, selamat mencoba.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook