Cara Mengatasi Kucing Susah Pipis dan Penyebabnya, Pecinta Kucing Wajib Tahu

Cara Mengatasi Kucing Susah Pipis dan Penyebabnya, Pecinta Kucing Wajib Tahu

Tidak hanya manusia saja, kucing ternyata juga bisa mengalami masalah susah pipis. Masalah kucing susah pipis disebabkan oleh adanya penyumbatan saluran kemih. Tentunya masalah ini dapat menjadi lebih serius bila tidak segera ditangani. Kenali penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Kucing Susah Pipis

Adanya penyumbatan pada uretra (saluran kemih) dapat menyebabkan kucing susah buang air kecil. Gangguan ini disebabkan karena adanya sesuatu yang menghalangi aliran urine. Misalnya Seperti batu ginjal, gumpalan lendir, pembengkakan akibat iritasi uretra, bahkan tumor.

Bacaan Lainnya

Penyakit ini lebih beresiko pada kucing dewasa berjenis kelamin jantan daripada betina. Hal ini dikarenakan uretra kucing jantan lebih panjang dan sempit daripada kucing betina. Apabila penyumbatan ini tidak segera ditangani, kucing dapat mati sekitar 3-4 hari. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan racun pada tubuh akibat tidak dikeluarkan.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Kucing Pilek Paling Mudah

Ciri-Ciri Penyumbatan Saluran Kemih Kucing

Kucing merupakan hewan yang sering menyembunyikan rasa sakit yang dialaminya. Maka dari itu, pemilik kucing harus lebih peka pada perubahan perilaku kucing. Kucing susah pipis biasanya lebih sering mengunjungi kotak pasirnya. Namun, saat berusaha pipis kucing tidak mengeluarkan air seni atau hanya sedikit.

Selain itu, kucing terlihat lebih gelisah. Kucing juga akan mengalami kelesuan ekstrim dan tidak mau makan. Namun, ada kucing yang bahkan lebih sering minum. Selain itu, kucing juga ada yang lebih sering bersembunyi agar pemiliknya tidak mengetahui bahwa ia sakit.

Cara Mengatasi Kucing Susah Pipis

Bila pemilik kucing sudah mengetahui adanya perubahan pola perilaku di atas, segera tangani. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Bawa ke Dokter Hewan

Segera periksakan kucing ke dokter hewan agar penyakit dapat ditangani. Dokter hewan akan lebih mengetahui apa penyebab sebenarnya dari kucing yang susah pipis. Hal itu dikarenakan dokter hewan akan melakukan uji kultur untuk mendiagnosa infeksi apa yang terjadi. Lalu, dokter akan memberi obat sesuai penyebabnya. Misalnya, antibiotik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

2. Beri Obat-obatan Tambahan

Perlu diperhatikan, obat-obatan tambahan ini bisa diberikan setelah berkonsultasi dulu dengan dokter hewan. Obat yang bisa diberikan misalnya kapsul cranberry yang dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Ekstrak buah cranberry mengandung zat proanthocyanidins yang dapat mencegah infeksi bakteri di dinding kandung kemih.

3. Jaga Kucing Tetap Terhidrasi

Kucing harus minum lebih banyak air selagi menjalani pengobatan. Selain mencegah penyumbatan lagi, air dapat menjaga tubuh kucing tetap sehat. Selalu beri kucing air yang bersih, dan rutinlah mengganti air di tempat minumnya. Selain memberi minum, pemilik kucing juga dapat mengganti makanannya dengan makanan basah.

4. Jaga Asupan Makanan

Perhatikan asupan gizi dari makanan kucing, karena ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pastikan makanan kucing tidak mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang terlalu tinggi. Zat tersebut kerap dikaitkan dengan terjadinya pembentukan batu pada saluran kemih. Makanan yang memiliki kandungan mineral hanya disarankan untuk diberi setidaknya 50-60 ml per kg atau disesuaikan dengan berat kucing.

5. Jauhkan Kucing dari Stress

Keadaan stress merupakan salah satu penyebab kucing mengalami penyakit. Salah satunya, kucing kerap susah buang air kecil bahkan saat buang air besar. Jika kucing kerap berada dalam kandang atau ruangan, kucing cenderung stress karena merasa bosan. Pemilik kucing dapat mengganti variasi mainannya, atau sering mengenalkan aktivitas baru. Sehingga, kucing tidak bosan dan jauh dari stress.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Itulah dia penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi kucing susah pipis. Perlu diingat dan diperhatikan, bahwa penyakit ini dapat kembali kambuh. Tetap peka dan perhatikan kucing meskipun gejala susah pipis tidak ada lagi. Terutama, pada asupan makanan dan minumannya.

 

Pos terkait