Ketahuilah 5 Materi UTBK Ekonomi Sebelum Mengikuti SBMPTN

Ketahuilah Materi UTBK Ekonomi Sebelum Mengikuti SBMPTN

Jika memilih kelompok studi Soshum saat mengikuti SBMPTN, maka harus tahu materi UTBK Ekonomi yang sering muncul. Materi-materi ini dilihat dari persebaran soal selama tiga tahun terakhir, yakni 2018 sampai 2021. Persentase munculnya mungkin mencapai 80%. Jadi, agar tidak kaget saat melihat soal dibagikan, pelajari materi yang akan diuraikan berikut:

1. Permintaan dan Penawaran

Dalam materi ini ada beberapa bagian yang perlu untuk dikuasai. Pertama yaitu mengenai definisi (pengertian) dan hukum dari permintaan juga penawaran. Pastikan mempelajari pula tentang jenis-jenis dari keduanya. Tiga bagian lain yang mungkin saja muncul dalam soal adalah kegagalan pasar (market failure), pergerakan kurva, dan teori cobweb (sarang laba-laba).

Bacaan Lainnya

2. Konsep Dasar Perekonomian

Lalu apa saja yang harus dipelajari dalam materi konsep dasar perekonomian? Mulailah dari yang paling dasar, yakni pengertian ilmu ekonomi menurut beberapa ahli. Lalu lanjutkan ke pembahasan tentang klasifikasi ekonomi dan metodologi yang digunakan. Jangan ketinggalan untuk mempelajari prinsip dan motif seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Baca Juga : Jangan Menyepelekan Materi Personal Hygiene Berikut Ini

Jika sudah menguasai pembelajaran tersebut, maka dapat berlanjut ke bagian selanjutnya. Dalam konsep dasar perekonomian, para siswa yang hendak mengikuti UTBK SBMPTN harus mengetahui masalah dan kegiatan ekonomi. Pembahasan tentang proses produksi juga perlu dipelajari, mulai dari jenisnya, faktor, dan usaha peningkatan produksi. Selain itu, baca tentang klasifikasi benda.

3. Manajemen dan Kewirausahaan

Materi UTBK Ekonomi selanjutnya yang juga kerap muncul dalam soal tiga tahun terakhir yaitu tentang manajemen. Jadi, para siswa harus mempelajari tentang unsur-unsur manajemen dan tingkatannya. Pelajari pula fungsinya menurut dari para ahli. Lalu lanjutkan dengan menguasai jenis-jenis badan usaha, berikut ciri-ciri, kelemahan, dan kekuatannya masing-masing.

Sedangkan untuk kewirausahaan, mulailah dari definisi, ciri-ciri wirausaha, dan bagaimana peranannya dalam perekonomian. Sebenarnya, materi tentang koperasi juga masih ada kaitannya dengan entrepreneur. Jadi, tidak ada salahnya untuk membaca tentang sejarah dari koperasi dan organisasi di dalamnya. Hafalkan pula asal modal koperasi dan rumus dari pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU).

Baca Juga : Ketahuilah 7 Materi Sejarah SBMPTN yang Sering Masuk Dalam Soal

4. Kebijakan Moneter dan Fiskal

Untuk kebijakan moneter, materi yang paling dasar adalah pembagiannya, yakni langsung dan tidak langsung. Jadi pastikan tahu bagaimana praktik dari keduanya. Bab tentang Otoritas Jasa Keuangan juga sering muncul, seperti tugas-tugasnya. Lalu ketahui mengenai macam-macam lembaga keuangan dan tugas masing-masing. Biasanya, soal tentang inflasi dan uang juga masuk dalam sebarannya.

Sedangkan untuk kebijakan fiskal tidak jauh berbeda. Yang perlu dipelajari di sini yaitu mulai dari pengertian hingga tujuan dari kebijakan tersebut. Selain itu, juga masih ada kaitannya dengan pembahasan pajak, berikut jenis, fungsi, dan asas pemungutannya. Materi tentang APBN dan APBD juga tidak boleh dilewatkan.

5. Dasar-dasar Akuntansi

Materi terakhir yang sering keluar dalam soal UTBK Ekonomi yaitu tentang dasar-dasar akuntansi. Paling tidak, para siswa harus tahu akun apa saja yang terdapat dalam akuntansi. Pelajari juga bagaimana cara membuat dan membaca macam-macam laporan keuangan. Dalam materi ini juga dituntut menghafal berbagai rumus, seperti laba/rugi dan penyusutan aktiva tetap.

Baca Juga : 5 Materi Bimbel Anak TK yang Wajib Diajarkan Sejak Dini

Selain kelima tersebut, juga ada materi lainnya yang perlu dipelajari, yaitu:

  • Ekonomi internasional.
  • Penerimaan dan biaya produksi.
  • Pasar modal dan uang.
  • Pendapatan nasional.
  • Teori konsumsi dan produksi.
  • Istilah-istilah penting dalam ekonomi.
  • Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Demikian materi UTBK Ekonomi yang sering dimunculkan dalam soal dari tiga tahun terakhir. Selain mempelajari kelima materi di atas, materi-materi lainnya juga tidak boleh dilewatkan. Walaupun nantinya persentase munculnya sangat kecil, bahkan tidak lebih dari sepuluh soal. Meski begitu, akan lebih baik jika menguasai semuanya.

 

Pos terkait