Jangan Menyepelekan Materi Personal Hygiene Berikut Ini

Jangan Menyepelekan Materi Personal Hygiene Berikut Ini

Apakah pernah mendapatkan materi personal hygiene saat menempuh pendidikan atau mengikuti latihan? Materi tersebut sangat perlu untuk dikuasai. Apalagi jika sudah masuk ke dalam dunia kerja atau berbaur di lingkungan masyarakat. Karena yang dibahas yaitu seputar perawatan diri agar bisa hidup sehat. Dan berikut adalah materi-materi yang masuk di dalamnya:

1. Kebersihan Rambut

Dalam personal hygiene akan diterangkan tentang bagaimana cara merawat kepala dan menjaga kebersihan rambut. Mungkin terlihat sepele. Tapi hal kecil ini memang harus diperhatikan betul. Keramas paling tidak dilakukan dua kali dalam satu minggu. Selain mencuci rambut, juga harus rutin disisir setiap hari.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya apa fungsi dari menjaga kebersihan rambut? Paling utama tentu menghilangkan kotoran yang menempel pada kepala, seperti ketombe. Selain itu, keramas dengan rutin dapat membasmi kutu yang bersarang. Cara perawatan ini juga bisa memberikan sensasi nyaman dan membantu memperlancar sistem peredaran darah.

Baca Juga : Ketahui 5 Materi Ujian Nasional Biologi SMA Berikut Ini!

2. Kebersihan Gigi dan Mulut

Materi selanjutnya yang turut dibahas yaitu menjelaskan tentang cara-cara menjaga kebersihan pada gigi dan mulut. Bagian tubuh ini wajib diperhatikan kebersihannya karena menjadi tempat masuknya kuman pertama kali. Cara paling umum yang dilakukan yaitu menggosok gigi secara rutin, paling sedikit dalam sehari empat kali.

Menyikat gigi juga harus dilakukan dengan benar dan memakai sikat yang lembut dan aman. Hygiene pada mulut ini dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Selain fungsi utamanya yaitu membersihkan plak dan menghilangkan bau tidak enak. Memeriksa gigi ke dokter dapat dilakukan 6 bulan sekali.

3. Kebersihan Kuku, Tangan, dan Kaki

Tiga anggota tubuh ini juga tidak luput dari pembahasan dalam materi personal hygiene. Tujuannya yaitu mencegah bakteri menempel. Selain itu, dengan membersihkan kuku berarti menghindarkan diri dari infeksi akibat dari garukan. Cara menjaga kebersihan ketiganya yaitu:

  • Potong kuku satu kali seminggu atau saat sudah terlihat panjang.
  • Cuci tangan saat hendak menyentuh makanan, setelah dari kamar mandi, atau jika terlihat kotor.
  • Pakailah alas kaki yang aman dan lembut bahannya. Pastikan mencucinya setelah beraktivitas atau saat hendak tidur.

Baca Juga : 6 Materi Microsoft Access Dasar yang Perlu Dipelajari

4. Kebersihan Mata

Mengapa materi tentang kebersihan mata juga perlu diketahui? Karena sebagian besar aktivitas pasti memerlukan mata. Sebenarnya sudah dibersihkan secara alami dengan air mata. Tapi saat terdapat kotoran, maka dapat membersihkannya menggunakan kain yang bersih dan bertekstur lembut. Lalu mulailah dari sudut mata bagian dalam dan menuju sudut luar.

5. Kebersihan Hidung

Sebagai jalannya nafas, kebersihan hidung tidak boleh diabaikan. Meskipun di dalamnya terdapat bulu-bulu dan lendir yang berfungsi menyaring kotoran. Untuk menjaga kebersihannya, dapat menggunakan beberapa alat, seperti tisu bersih, kapas, atau sapu tangan. Lalu angkat sekresinya secara perlahan dan lembut.

6. Kebersihan Telinga

Dalam hygiene telinga, yang perlu diperhatikan yaitu saat proses membersihkan serumen atau kotoran yang terdapat di dalamnya. Peran telinga sangat penting karena sebagai indra pendengar. Jika tidak hati-hati, maka akan berbahaya. Alat yang digunakan untuk membersihkannya tidak boleh tajam, seperti peniti. Dan pastikan pula bahwa semuanya bersih.

7. Kebersihan Kulit

Yang terakhir ini termasuk pula dalam materi dari personal hygiene. Apalagi perawatannya harus dilakukan secara adekuat. Cara paling umum yaitu mandi dengan rutin dan memakai sabun. Selain itu, pakaian juga harus diganti setiap hari. Terutama setelah beraktivitas dan mengeluarkan keringat.

Baca Juga : 5 Materi Bimbel Anak TK yang Wajib Diajarkan Sejak Dini

Jadi, itulah ketujuh materi personal hygiene yang mungkin sering dianggap sepele. Penting bagi semua orang untuk mengetahui materi-materi tersebut karena berkaitan dengan kesehatan tubuh. Personal hygiene juga bisa menciptakan kenyamanan saat berada di lingkungan masyarakat.

 

Pos terkait