Cara Membuat Kandang Hamster Ternyata Semudah Ini

Cara Membuat Kandang Hamster Ternyata Semudah Ini

Terkenal dengan keimutan dan sifatnya yang lucu, hamster menjadi salah satu hewan favorit untuk dipelihara. Hamster memiliki tubuh yang kecil dengan selera makan yang besar sehingga tempat tinggalnya harus disesuaikan dengan kebiasaannya tersebut. Maka dari itu, cara membuat kandang hamster tidak boleh dikerjakan secara asal.

Meskipun hamster hanya butuh tempat tinggal yang kecil, namun kandangnya haruslah membuat hamster nyaman. Untuk mewujudkan kandang yang nyaman untuk hamster, diperlukan untuk melakukan hal berikut:

Bacaan Lainnya

1. Tentukan Ukuran

Sebelum kandang hamster dibuat, terlebih dahulu tentukan ukurannya. Ukuran yang tepat adalah ukuran yang tidak terlalu besar, tetapi tidak juga sempit. Ukuran kandang yang tepat membuat hamster betah tinggal di dalamnya, leluasa bermain dan makan tanpa merasa stres.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Kelinci dari Paralon yang Nyaman

Rekomendasi ukuran yang diberikan oleh para ahli membuat kandang adalah sekitar 35 x 35 x 35 cm. Dengan ukuran segitu, kandang sudah dapat memuat tempat makan dan main hamster. Hewan kecil itu juga tidak akan merasa kesempitan karena ukuran tersebut adalah ukuran ideal kandang untuk seekor hamster.

2. Buat Kandang dengan Pintu Tertutup

Sebenarnya, membuat kandang dengan pintu tertutup adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan hamster. Kandang yang terlalu terbuka memungkinkan hamster untuk kabur, karena hamster adalah hewan yang cerdas. Kandang yang tertutup juga dapat menghindari hamster dari serangan hewan lain.

Meskipun begitu, bukan berarti kandang tidak boleh ada kaca ventilasi. Jika kandang ingin dibuat dari jeruji besi yang bercelah kecil, itu akan lebih bagus. Sirkulasi udara masuk dan hamster tetap terjaga. Jika tidak ada jeruji kecil, boleh menggunakan kotak kaca seperti akuarium, namun atapnya harus tetap terbuka.

3. Berikan Alas Kandang

Meletakkan alas kandang termasuk poin yang cukup penting dalam cara membuat kandang hamster. Alas kandang sangat diperlukan oleh hampir semua hewan yang tinggal di kandang. Fungsi alas kandang selain dari menampung kotoran hewan, juga dapat menjadi pembatas dari dinginnya lantai dengan hewan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

Namun, dalam soal hamster, alas kandang umumnya digunakan untuk bermain. Dibuat dari tumpukan pasir atau serbuk kayu yang diserut halus. Hamster akan betah menenggelamkan diri di dalamnya.

4. Buat Tempat Makan dan Minum Hamster

Sebuah kandang tidak akan lengkap keberadaannya tanpa wadah makan dan minum hewan. Sama seperti kandang hamster yang juga membutuhkannya. Dengan adanya wadah makanan dan minuman, hamster tidak perlu dikeluar-masukkan hanya untuk diberi makan.

Umumnya, wadah makan minum hamster terbuat dari plastik dan bisa didapatkan dari petshop terdekat. Penempatan wadah makan minum lebih baik sedikit lebih tinggi karena hamster cenderung suka mengacak acak makanannya.

5. Bangun Tempat Bermain untuk Hamster

Inilah alasan utama kenapa kandang hamster harus memiliki ruang yang luas. Hewan mungil ini terkenal dengan kelincahannya bergerak kesana kemari dan bermain. Untuk itu, tempat bermain dibutuhkan oleh hamster untuk menghilangkan stres.

Tempat bermain hamster seperti roda berputar juga dapat dibeli di petshop. Jika ruang masih ada, sangat dibolehkan untuk menambahkan mainan lain atau aksesoris. Tambahkan ayunan mainan, pohon mainan, atau patung mainan untuk hamster agar dia tidak merasa begitu terkurung.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

Cara membuat kandang hamster tidak benar benar merepotkan sama sekali. Justru, jika kandang didesain oleh pemilik hamster, kandang dapat tampil sesuai keinginan sendiri. Satu hal lagi, keamanan dan kenyamanan hewan peliharaan sendiri akan lebih terjamin. Tentunya, pengurusan hamster juga akan lebih mudah karena pemilik sudah mengetahui seluk beluk kandang buatannya.

Pos terkait