5 Cara Memberi Minum Kelinci, Pemula Wajib Tahu

Cara Memberi Minum Kelinci, Pemula Wajib Tahu

Air sangat penting bagi kesehatan kelinci untuk dapat mencerna makanannya dengan baik. Itulah mengapa air minum harus disediakan untuk kelinci. Bagi para pemula, pasti akan kebingungan dengan cara memberi minum kelinci secara baik dan benar. Tetapi tidak perlu khawatir, cara-cara berikut ini dapat menjadi jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut:

1. Tentukan Tempat Minum

Cara memberi minum kelinci adalah dengan menyiapkan tempat minumnya terlebih dahulu. Terdapat 2 jenis tempat minum air untuk kelinci, yang berbentuk botol dan yang berbentuk mangkuk. Kelebihan tempat minum air botol yaitu air dapat langsung mengarah ke mulut kelinci. Adapun kekurangannya adalah kemungkinan terjadi kebocoran serta sulit untuk dibersihkan.

Bacaan Lainnya

Kelinci biasanya mencari sumber airnya dari dalam tanah, sehingga keberadaan tempat minum mangkuk merupakan cara alami kelinci untuk minum. Tetapi kekurangan mangkuk air ini adalah sangat mudah kotor dan dapat terguling. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat air minum tersebut, pemilik kelinci dapat menentukan sendiri tempat minum terbaik untuk kelincinya.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Bayi Kelinci yang Baru Dilahirkan

2. Masukkan Air ke dalam Tempat Minum

Kelinci harus diberi air murni yang sumbernya sama dengan yang diminum oleh pemilik kelinci. Jumlah yang kelinci minum sangat beragam, tergantung pada lingkungan dan makanan yang dikonsumsinya. Kelinci berukuran sedang biasanya akan minum sekitar 50-300 ml per hari. Pastikan tempat minum air ini terus terisi agar kelinci tidak dehidrasi.

Untuk tempat minum botol dapat dimasukkan air sebanyak 600 ml untuk 2 ekor kelinci. Sementara tempat minum mangkuk dapat dimasukkan air sebanyak 550ml. Akan tetapi takaran tersebut tidak mutlak, karena tergantung pada jumlah kelinci yang dimiliki. Semakin banyak memiliki kelinci, maka sangat disarankan untuk menambah jumlah tempat minum serta kapasitasnya.

3. Letakkan Tempat Minum pada Kandang

Sebagian besar tempat minum botol dijual bersama pengait di bagian sampingnya. Ini digunakan untuk memasang tempat minum botol ke dalam kandang. Letakkan tempat minum botol ini di lokasi yang mudah diakses oleh kelinci. Pastikan tempat botol minum ini berada di bagian atas dalam kandang tetapi masih dapat dijangkau oleh kelinci.

Sementara untuk tempat minum mangkuk bisa diletakkan di bagian bawah kandang bersama dengan tempat makannya. Tetapi jika sering menemukan kelinci menendang mangkuk ini hingga terbalik, maka membeli mangkuk dengan pengait dapat menjadi solusinya. Dengan adanya pengait ini membuat tempat minum tidak mudah tumpah serta airnya lebih mudah untuk diganti.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Kelinci dari Paralon yang Nyaman

4. Tutupi Tempat Minum

Setelah dimasukkan, air tersebut harus diberikan penutup. Sebab air akan mudah kotor dan terpengaruh suhunya oleh lingkungan sekitar jika tidak ditutupi. Beberapa tempat minum botol biasanya dilengkapi dengan penutupnya sendiri sehingga mudah untuk menutupnya. Jika tidak dilengkapi penutup, maka penutup dibuat sendiri dengan kain yang dililitkan di sekitar botol minum.

Sementara tempat minum mangkuk sudah pasti tidak memiliki penutup. Penutup bisa dibuat sendiri dengan meletakkan kertas atau semacamnya di sekitar tempat minum. Pastikan penutup tersebut tidak menghalangi kelinci untuk minum. Tetapi mangkuk ini bisa dibiarkan terbuka tanpa penutup. Untuk itu ingatlah untuk selalu memeriksa kondisi air agar terhindar dari kotoran.

5. Pastikan Tempat Minum Bekerja

Cara ini khusus dilakukan untuk tempat minum yang berbentuk botol. Sebab terkadang tempat minum botol ini tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Cara untuk memeriksa apakah botol minum bekerja sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan meletakkan jari tangan pada bagian bola di bagian tempat air seharusnya keluar.

Jika air keluar dengan lancar maka botol minum tersebut bekerja dengan baik. Sementara jika air tidak keluar, maka botol minum tersebut rusak dan harus diperbaiki ataupun diganti dengan yang baru. Apabila tempat minum sudah bisa bekerja dengan baik, maka selanjutnya kelinci dapat dipersilahkan untuk mencoba minum dari sana.

Baca Juga : Penting! 5 Penyebab Bulu Kelinci Rontok, Pengetahuan Bagi Pemilik Kelinci

Itulah cara memberi minum kelinci bagi pemula secara baik dan benar. Kelinci tidak boleh terlalu banyak minum karena dapat menimbulkan kembung. Untuk itu pastikan kelinci minum air dengan takaran yang tepat dan cukup agar dapat melancarkan pencernaan dan menghindari dehidrasi.

Pos terkait