5 Obat Untuk Anjing Muntah Busa Putih Dari Bahan Alami

5 Obat Untuk Anjing Muntah Busa Putih Dari Bahan Alami

Muntah busa putih pada anjing dapat disebabkan karena berbagai alasan. Beberapa kasus hanya karena masalah ringan dan beberapa juga bisa terjadi karena masalah serius. Obat untuk anjing muntah busa putih masih sangat jarang ditemukan. Maka dari itu harus dikenali penyebabnya terlebih dahulu agar pemberian obat sesuai dengan masalah yang terjadi.

Penyebab Anjing Muntah Busa Putih

Anjing yang muntah busa putih biasanya terjadi karena masalah kecil dan masalah besar. Masalah kecil yang biasanya menjadi penyebab anjing muntah yakni anjing meminum air terlalu cepat setelah exercise, dan memakan sesuatu yang seharusnya tidak boleh dimakan semacam rumput atau bahan lainnya.

Bacaan Lainnya

Masalah yang berat atau serius yang menyebabkan anjing muntah busa yakni, pembengkakan pada perut, rabies, pancreatitis, penyakit ginjal, Cough, hepatitis, dan diabetes. Meskipun penyebab anjing muntah busa putih adalah masalah yang ringan. Namun jika disertai dengan gejala yang serius sebaiknya anjing Dibawa ke dokter hewan.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

Obat Alami untuk Anjing Muntah Busa Putih

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat menjadi obat saat anjing mengalami muntah. Bahan- bahan alami tersebut termasuk dalam bahan yang mudah didapatkan. Cara memberikan obatnya pu juga mudah. Tidak memerlukan proses yang rumit. Dibawah ini obat  dengan bahan alami untuk anjing yang muntah:

1. Makanan Berbau Amis

Makanan yang berbau amis bisa menjadi obat untuk anjing muntah busa putih. Jenis makanan berbau amis sangat efektif untuk mengobati anjing yang muntah busa putih dan dapat mengembalikan nafsu makan anjing juga.

Untuk memberikan makanan yang berbau amis sebaiknya anjing dipuasakan dahulu selama beberapa waktu. Kemudian coba berikan makanan yang beraroma kuat. Contoh makanan yang bisa diberikan:

  • Makanan mentah atau Raw Food seperti daging ayam atau sapi.
  • Rebusan hati ayam.
  • Makanan khusus anjing.
  • Kuning telur, namun untuk makanan yang satu ini beberapa orang menyarankan kuning telur ayam kampung mentah dicampur dengan sedikit madu.

2. Air Kelapa Muda

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika air kelapa muda bisa menjadi obat yang manjur untuk berbagai keluhan termasuk bisa menjadi obat untuk anjing. Berikan air kelapa muda secukupnya kepada anjing yang muntah busa putih. Berilah air kelapa muda sampai anjing terlihat segar dan mau makan serta minum sendiri.

Baca Juga : 5 Jenis Anjing Pudel Paling Lucu dan Menggemaskan

3. Air Gula Hangat

Sebenarnya obat ini masih menjadi obat yang belum seluruh kalangan pecinta anjing setuju. Hal itu disebabkan karena gula tidak baik untuk kesehatan anjing. Akan tetapi sebenarnya obat ini cukup membantu dalam mengembalikan stamina anjing yang lemas setelah muntah busa putih.

Cara untuk membuatnya adalah dengan melarutkan gula pasir, gula jawa, dan madu menggunakan air hangat. Selanjutnya minumankan kepada anjing. Jika anjing tidak mau meminumnya sendiri sebaiknya diminumkan menggunakan pipet obat.

4. Yogurt

Yogurt bisa menjadi obat untuk anjing muntah busa putih karena banyak mengandung manfaat yang baik kesehatan. Minuman yogurt disarankan apabila anjing yang muntah terindikasi mengalami infeksi di saluran pencernaan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Seperti yang sudah diketahui bahwa yogurt mengandung bakteri baik untuk membantu pencernaan anjing bebas dari bakteri jahat.

5. Air Mineral

Air mineral juga sangat cocok untuk anjing yang baru saja mengalami muntah busa putih. Dengan minum air mineral dapat mengembalikan stamina dan nafsu makan anjing yang hilang setelah muntah.

Cara memberikan air mineral yaitu dengan cara meletakkan air mineral pada wadah dan dekatkan pada anjing. Jika anjing tidak mau meminumnya sendiri, maka gunakanlah pipet atau suntikan yang sudah dibuang jarumnya.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Anjing Pitbull Supaya Tetap Sehat dan Kuat

Itulah 5 obat untuk anjing muntah busa putih. Obat-obat diatas adalah obat alami yang mudah didapatkan sehingga jika anjing mengalami muntah bisa langsung diatasi. Jika anjing muntah busa putih disertai gejala lain yang berbahaya maka segeralah bawa anjing ke dokter hewan.

Pos terkait