5 Cara Mengobati Kram Perut Saat Menstruasi

5 Cara Mengobati Kram Perut Saat Menstruasi

Apakah sering mengalami kram perut saat menstruasi? Kram perut pada masa menstruasi sebenarnya hal yang lumrah. Bahaya atau tidaknya tergantung intensitas dan seberapa lama rasa sakit yang dialami. Semua ini bisa diatasi dengan cara mengobati kram perut dengan simpel.

Mengenal Kram Perut Di Kala Menstruasi

Kram perut biasanya terjadi karena tubuh sedang mengalami perubahan pada saat sedang menstruasi. Selama masa ini akan terjadi kontraksi pada dinding rahim yang mana lebih kuat dari pada biasanya. Kontraksi inilah yang menyebabkan rahim bisa mengeluarkan darah.

Bacaan Lainnya

Pada saat dinding rahim mengalami kontraksi, rahim akan terus menekan pembuluh darah pada rahim. Dengan begitu bisa memutus aliran darah yang mengantarkan oksigen ke dalam rahim. Putusnya aliran darah inilah yang bisa menyebabkan kadar oksigen pada rahim menjadi rendah. Ini akan membuat rahim memproduksi prostaglandin yang bisa memicu rasa kram perut.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Kucing Pilek Paling Mudah

Cara Mengobati Kram Perut pada Saat Haid

Jika dilihat di pasaran ada banyak sekali berbagai macam jenis obat pereda kram perut saat menstruasi. Sayangnya, penggunaan obat tersebut belum tentu efektif  bahkan terkadang menimbulkan efek samping yang tidak baik. Sebenarnya, rasa kram perut tersebut bisa diobati  dengan cara yang mudah dan tidak harus  konsumsi berbagai obat kimia. Di bawah ini ada penjelasannya tentang tips singkat atasi kram perut, yaitu:

1. Perbanyaklah Konsumsi Air Putih

Pada saat menstruasi, wajib hukumnya untuk membawa sebotol air putih kemana saja. Air putih akan membantu dalam meredakan kram perut secara berlebih. Maka dari itu, sangat direkomendasikan  untuk memperbanyak konsumsi air. Jika ingin menambah variasi, air putih bisa dicampurkan dengan perasan lemon. Ini akan menambah rasa yang tentunya sangat menggugah selera.

2. Konsumsilah Makanan yang Sehat

Pada saat merasa kram perut saat haid, sebaiknya  perbanyak makan beberapa jenis makanan yang sehat.  Makanlah  makanan yang kadar lemaknya   rendah dan kaya akan kandungan serat. Contohnya saja, sayuran hijau, buah, kacang-kacangan dan lainnya. Stop makanan yang berlemak dulu seperti gorengan dan makanan cepat saji.

Baca Juga : Cara Mengobati Susah BAB Secara Alami Tanpa Obat Pencahar

3. Kompreslah  Perut dengan Air Hangat

Selain memperbanyak konsumsi air putih, cara mengobati kram perut saat haid  dengan mengompres perut. Kompreslah perut dengan botol yang sudah diisi dengan botol yang berisi air hangat. Tempelkan pada bagian yang sakit. Cara ini akan menciptakan sensasi yang lebih rileks.

4. Manjakanlah Tubuh dengan Melakukan Pijatan

Untuk mengatasi masalah kram pada perut dengan melakukan pijatan lembut pada area bawah perut. Lakukanlah gerakan memutar dan perlahan.  Gunakanlah minyak aroma terapi saat memijat supaya menciptakan suasana yang lebih santai.

5. Aktiflah dalam Bergerak

Untuk melawan rasa tidak nyaman saat kram perut, maka ajaklah tubuh untuk selalu aktif bergerak. Memang tidak bisa dipungkiri lagi rasa kurang nyaman tersebut  terkadang membuat malas untuk bergerak. Padahal dengan selalu aktif bergerak maupun berolahraga, tubuh akan memproduksi endorfin yang mana bisa mengurangi rasa kram. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan mood.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Secara Alami

Beberapa cara mengobati kram perut saat menstruasi tersebut perlu untuk dicoba. Meskipun tidak secara langsung bisa mengobati kram, setidaknya beberapa tips tersebut bisa membantu dalam mengurangi rasa nyeri. Namun jika kram  yang dialami sangat berat dan disertai demam atau adanya gumpalan darah yang bau maka segera periksakan diri. Dengan begitu, dokter bisa mendiagnosis dan segera melakukan tindakan yang tepat.

 

Pos terkait