8 Cara Mengobati Kucing Pilek Paling Mudah

Cara Mengobati Kucing Pilek Paling Mudah

Ketika melihat kucing peliharaan atau kucing kesayangan terserang pilek pasti sedih. Jangan khawatir karena saat ini sudah banyak cara mengobati kucing pilek. Pilek adalah suatu penyakit yang sering diderita oleh kucing. Apalagi kucing yang belum pernah divaksin atau kurang dijemur.

Seperti halnya yang terjadi pada manusia, kucing yang sedang pilek juga mengalami bersin. Penyebab kucing pilek yakni disebabkan oleh Feline Herpes Virus dan Calicivirus. Dua jenis virus tersebut juga dikenal dengan nama FVR atau Feline Viral Rhinotracheitis. Berikut cara mengobati kucing pilek:

Bacaan Lainnya

1. Memberikan Obat Pilek Khusus Kucing

Cara mengobati kucing pilek yang pertama yaitu dengan memberikan kucing obat. Obat yang diberikan yaitu obat yang mengandung antibiotic. Obat Pilek kucing dapat dibeli pada petshop atau toko online.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

2. Membersihkan Tubuh Kucing

Saat kucing terkena pilek, sangat penting untuk membersihkan tubuh kucing tersebut. Bagian utama yang dibersihkan bagian mata dan hidung. Pilek pada kucing membuat bagian hidung dan mata kucing menjadi berlendir dan kotor.

Akibat peradangan, bagian mata dan hidung menjadi sering mengeluarkan kotoran. Jika tidak dibersihkan pada bagian itu, maka akan membuat kotoran menjadi menumpuk dan membuat kucing tidak nyaman. Bersihkan secara teratur.

3. Mendorong Kucing untuk Makan

Kucing yang mengalami pilek biasanya nafsu makan berkurang. Dorong supaya kucing mau makan. Keadaan dimana kucing tidak mau makan disebabkan oleh tenggorokan yang sakit akibat pilek. Berikan makan yang encer atau mudah untuk ditelan. Indra penciumannya kadang juga ikut bermasalah. Oleh sebab itu berikan makanan yang berbau lezat agar nafsu makannya kembali.

4. Ajak Kucing untuk Berjemur

Cara mengobati kucing pilek selanjutnya yakni dengan menjemur kucing tersebut. Berjemur dapat membunuh kuman-kuman yang ada didalam tubuh kucing. Berjemur dilakukan selama beberapa saat. Jemur kucing pada waktu pagi hari di jam 8-9, jangan terlalu lama cukup 10-15 menit saja. Cahaya matahari pada pagi hari sangat baik untuk bisa meningkatkan kekebalan tubuh kucing sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan pilek.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

5. Berikan Kucing Madu

Madu tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja namun juga bisa digunakan untuk mengatasi pilek pada kucing. Berikan kucing madu 4 jam sekali. Madu dapat diberikan secara langsung atau bisa juga dicampur dengan minuman kucing. Tidak perlu banyak-banyak karena terkadang ada kucing yang tidak suka madu karena rasanya terlalu manis.

6. Jangan Memandikan Kucing yang Sedang Pilek

Memandikan kucing peliharaan atau kesayangan untuk menjaga kebersihan memang suatu keharusan. Akan tetapi jika kucing sedang pilek maka jangan dimandikan dulu. Saat pilek menyerang kucing usahakan tubuh kucing tetap hangat. Jika memandikannya, maka akan memperparah kondisinya. Gunakan lap yang sudah dibasuh air hangat untuk membersihkan kucingnya.

7. Membersihkan Ingus Kucing

Cara mengobati pilek pada kucing selanjutnya yaitu dengan rajin membersihkan ingus kucing secara teratur. Kuman atau virus yang terdapat pada ingus kucing dapat mengakibatkan pilek semakin parah.

Cara membersihkan ingus kucing bisa menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Bersihkan hidung dengan teliti karena ingus terkadang susah untuk dibersihkan. Menyeka hidung secara rutin dapat membantu kucing menjadi nyaman.

8. Memberikan Waktu Istirahat pada kucing

Seperti manusia yang sedang sakit, kucing pun juga membutuhkan waktu istirahat. Dengan istirahat cukup kucing akan cepat pulih dan sembuh. Perlu diperhatikan tempat tidur kucing karena saat pilek kucing menjadi lebih sensitif dengan tempat tidurnya. Pastikan juga tempat tidur bersih dan tidak lembab agar kucing dapat beristirahat dengan tenang dan tidak ada gangguan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Kucing Di Rumah Paling Efektif

Nah demikian cara merawat kucing yang pilek. Cara di atas adalah cara yang mudah dipraktekan. Dengan mengikuti cara di atas semoga kucing yang pilek segera sembuh.

Pos terkait