5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

Pada satu minggu awal kehidupan anjing adalah masa yang rentan. Saat anak anjing lahir harus bisa menyusu pada induknya. Namun terkadang ada induk anjing yang tidak mau merawat anaknya. Jangan khawatir jika induk anjing tidak mau merawatnya karena sekarang sudah ada cara merawat anak anjing tanpa induknya. Dalam merawat anak anjing memang cukup sulit sebab anak anjing rentan terkena penyakit dan cedera.

Dalam merawat anak anjing tanpa induknya memang harus dibarengi dengan pengetahuan yang cukup. Perlu pengetahuan yang cukup agar anak anjing dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Jika cara merawat anak anjing tidak tepat maka dapat mengakibatkan anak anjing tidak dapat tumbuh dengan baik. Berikut cara merawatnya:

Bacaan Lainnya

1. Siapkan Kandang yang Nyaman

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat anak anjing tanpa induk yakni menyiapkan tempat atau kandang yang nyaman. Kandang yang digunakan juga harus kandang yang khusus untuk anak anjing. Jauhkan Kandang yang berisi anak anjing dengan benda-benda yang berbahaya seperti kabel listrik, bahan kimia, barang yang mudah pecah, dan barang-barang yang mudah terbakar.

Baca Juga : 5 Jenis Anjing Pudel Paling Lucu dan Menggemaskan

Kandang bisa dibuat menggunakan bahan yang sederhana. Buatlah kotak tanpa atap kemudian tempatkan pada tempat yang teduh. Jangan lupa berikan alas yang lembut semacam kain bekas yang masih layak untuk menghangatkan tubuh anak anjing.

Memberikan tempat yang hangat dan mudah dibersihkan, dapat memudahkan dalam memberikan perawatan kandang yang dibuat. Memiliki kendang yang baik membuat anak anjing nyaman dan tenang untuk tinggal.

2. Bersihkan Anak Anjing

Anak anjing yang baru saja dilahirkan sudah pasti bersih. Akan tetapi tetap harus diperhatikan kebersihannya secara rutin mulai dari mata, gigi, bulu hingga ujung kuku. Pengecekan kebersihan pada tubuh anak anjing bisa dilakukan seminggu sekali.

Alat yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan anak anjing yaitu handuk, pengering bulu, sisi bulu khusus anak anjing, ember dan air hangat. Memandikan anak anjing dengan lembut an usapkan air hangat secara pelan. Jangan memberikan shampoo terlebih dahulu karena anak anjing masih sensitif terhadap detergen. Setelah selesai keringkan dengan suhu hangat.

3. Memberikan Makanan Berkualitas

Meskipun anjing yang dipelihara masih kecil, anak anjing tersebut tetap harus diberi makanan yang bergizi dan berkualitas. Makanan yang diberikan harus memiliki tekstur yang lunak untuk membantu anak anjing dalam mencernanya.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Anjing Pitbull Supaya Tetap Sehat dan Kuat

Makanan anak anjing juga harus bebas dari zat pewarna, zat pengawet serta perisa yang terlalu banyak. Ada beberapa anak anjing yang alergi terhadap makanan yang ditambahkan bahan-bahan tersebut. Akan lebih membahayakan jika diberikan pada anak anjing yang baru lahir karena masih rentan terhadap penyakit.

4. Memberi Anak Anjing Susu

Cara merawat anak anjing tanpa induk selanjutnya yakni memberikan susu. Selain makanan yang berkualitas dan bergizi, susu juga sangat penting bagi pertumbuhan anak anjing yang tidak ada induknya. Sebenarnya susu yang bagus untuk anak anjing yaitu susu yang berasal dari induknya. Susu dari induknya mempunyai kandungan zat imun yang dapat meningkatkan sistem kekebalan anak anjing.

Anak anjing yang baru saja dilahirkan harus diberi susu setiap 2-3 jam sekali. Frekuensi anak anjing dalam menyusu berkurang saat berumur 2-3 minggu. Berhubung anak anjingnya tidak ada induknya maka perlu menggunakan botol dot dalam memberikan susu kepada anak anjing.

Susu yang diberikan harus susu yang diformulasikan untuk anak anjing. Tidak disarankan memberikan susu sapi karena dapat mengganggu sistem pencernaan anak anjing. Selain menggunakan dot, susu yang diberikan harus dalam keadaan hangat.

5. Selalu Berikan Belaian Lembut

Sentuhan dan belaian yang hangat dan lembut bisa menggantikan peranan induknya. Di umur yang masih kecil, anak anjing memang memerlukan belaian yang hangat. Merawat anak anjing yang usianya baru 1 bulan menggunakan kasih sayang akan menciptakan ikatan tersendiri sehingga anak anjing tersebut akan teringat dengan kebaikan tuannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

Nah itulah 5 cara merawat anak anjing tanpa induknya. Anak anjing yang dirawat dengan benar akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara di atas sangat cocok untuk merawat anak anjing tanpa induknya.

Pos terkait