5 Jenis Kura Kura Air Tawar yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Jenis Kura Kura Air Tawar

Terdapat banyak jenis kura-kura yang bisa dipelihara, salah satunya adalah kura-kura yang hidupnya di air tawar. Jenis kura-kura ini banyak digemari oleh pecinta reptil karena harganya cenderung lebih murah daripada kura-kura daratan. Tertarik untuk memelihara kura-kura air tawar? Di bawah ini jenis kura kura air tawar yang bisa dijadikan peliharaan:

1. Kura-Kura Dada Merah

Kura-kura yang bisa disebut juga kura-kura damer ini biasanya hidup di daerah tropis serta banyak ditemukan di daerah Papua, Indonesia. Seperti namanya, terdapat warna kemerahan pada tempurung bagian bawah atau dada kura-kura ini. Jenis kura-kura ini memiliki leher pendek dengan kepala berwarna hitam, serta terdapat garis kuning di belakang matanya.

Bacaan Lainnya

Kura-kura dada merah biasanya sebagian besar waktunya banyak dihabiskan di dalam air. Hanya ketika musim kawin sampai bertelur saja kura-kura ini naik ke daratan. Makanan yang disukai kura-kura dada merah adalah daging, misalnya ikan kecil, jangkrik, atau katak. Meskipun begitu, kura-kura ini tetap termasuk hewan omnivora yang bisa memakan segalanya.

Baca Juga : Mencari 5 Perbedaan Kura Kura Jantan Dan Betina Ternyata Mudah Ditemukan, Simak Tipsnya

2. Kura-Kura Brazil

Kura-kura yang satu ini termasuk hewan yang jinak dan tidak pemilih dalam hal makanan sehingga cocok dijadikan peliharaan. Bagian tubuh kura-kura brazil berwarna hijau dengan garis kuning serta bercak kemerahan di sisi kepalanya. Kura-kura ini sangat mudah untuk dicari karena banyak dijual oleh pedagang kura-kura dengan harga yang cukup murah.

Pemeliharaan kura-kura brazil juga sangat mudah untuk dilakukan. Kura-kura yang satu ini dapat hidup dalam waktu yang lama, bahkan bisa mencapai usia 20 tahun jika dipelihara dengan baik. Biasanya jenis makanan yang bisa dimakan oleh kura-kura brazil dapat berupa pelet, ikan kecil, udang, wortel, kangkung, dan lain-lain.

3. Kura-Kura Razorback

Kura-kura razorback termasuk jenis kura kura air tawar yang mungil dan dapat hidup hingga berusia 50 tahun jika dipelihara dengan baik. Seperti namanya, bagian tempurung kura-kura ini berbentuk seperti duri yang melengkung dengan warna abu kecoklatan. Bagian kepalanya cukup besar dengan leher yang panjang serta paruh yang lancip menyerupai paruh burung.

Kura-kura razorback ini termasuk dalam hewan karnivora yang mana menyukai makan daging. Sehingga makanan yang dapat diberikan pada kura-kura ini dapat berupa jangkrik, cacing tanah, ikan, udang, dan lain-lain. Jenis kura-kura ini suka menyelam hingga ke dasar air, sehingga tempat tinggalnya harus berisi air yang cukup untuk digunakan menyelam.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kura Kura Mogok Makan

4. Kura-Kura Daun

Kura-kura daun diberikan nama tersebut karena bentuk motif dari kura-kura ini terlihat seperti daun pada cangkangnya. Jenis kura-kura ini banyak diminati dan diperjualbelikan karena termasuk spesies kura-kura air tawar yang mudah untuk dipelihara. Makanan yang dapat diberikan pada kura-kura daun adalah jangkrik, belalang, udang, telur, ikan, sayur, buah, dan pelet.

Kura-kura daun berukuran kecil biasanya banyak dijadikan peliharaan karena proses pemeliharaannya tergolong lebih mudah. Saat memelihara kura-kura daun juga perlu dibuatkan kandang atau akuarium yang sesuai dengan habitat aslinya di air tawar. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu sering memegangnya karena cangkangnya rawan terkena infeksi yang bisa mempengaruhi kesehatannya.

5. Kura-Kura Malayan Snail Eater (MSE)

Kura-kura ini diberikan nama malayan snail eater karena kura-kura ini berasal dari kawasan Malaya serta memakan keong atau siput air. Oleh karena itu, kura-kura ini bisa ditemukan di daerah persawahan. Meskipun begitu, kura-kura ini masih dapat dibeli di toko hewan peliharaan jika kesulitan mencarinya di sawah.

Kura-kura ini memiliki tempurung berwarna coklat dan bagian tepinya terdapat garis-garis berwarna kuning. Bagian rahangnya juga cukup kuat untuk mendukung kura-kura ini memakan keong. Ukuran kura-kura ini juga tidak terlalu besar. Selain itu, meskipun cenderung memakan keong, kura-kura ini tetap bisa memakan cacing tanah, serangga kecil, dan ikan kecil.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Menjemur Kura Kura Brazil Yang Tepat

Itulah 5 jenis kura kura air tawar yang bisa dijadikan peliharaan. Meskipun sebagian besar hidupnya banyak dihabiskan di dalam air, kura-kura air tawar sesekali tetap naik ke daratan untuk berkembang biak. Selain itu, kebanyakan kura-kura air memang memiliki jenis makanan yang sama karena merupakan hewan omnivora yang bisa memakan segalanya.

 

Pos terkait