5 Cara Mengatasi Youtube Yang Lemot Di Android Dengan Praktis

Cara Mengatasi Youtube Yang Lemot Di Android Dengan Praktis

Di era teknologi seperti sekarang ini ada banyak platform yang dapat menjadi solusi ketika ingin menonton film atau video . Salah satunya adalah Youtube yang lebih praktis digunakan sebagai sarana untuk streaming video atau film. Namun terkadang saat sedang menonton video Youtube tiba-tiba lemot. Adakah cara mengatasi youtube yang lemot? Tidak usah khawatir, ulasan berikut akan membantu pengguna untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

1. Cek Koneksi Internet

Bagaimana cara mengatasi youtube yang lemot yang pertama? Yaitu dengan mengecek koneksi internet yang dimiliki. Bisa jadi penyebab Youtube loading karena jaringan yang tidak stabil atau memang paket data yang dimiliki habis.

Bacaan Lainnya

Usahakan pengguna memiliki koneksi internet minimal 2 mbps agar video tidak lemot ketika di tonton. Kecepatan internet juga berpengaruh pada kualitas video yang ditonton, semakin baik koneksi internet yang dimiliki semakin baik pula kualitas video. Jika tidak ingin mendapatkan video Youtube yang lemot alangkah lebih baik jika menggunakan WiFi.

Baca Juga : 2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

2. Pilih Video Dengan Kualitas Sedang

Jika kecepatan internet yang tersedia tidak sesuai dengan kualitas video yang diputar maka akan terjadi buffering. Cara untuk mengatur kualitas video yaitu dengan mengklik titik 3 di bagian ujung kanan atas pada layar video yang sedang dibuka. Setelah itu pilih kualitas video lalu lanjutan, sesuaikan dengan kecepatan internet yang dimiliki.

Kualitas video terendah yaitu 144p dan tertinggi 8K. Pilihlah  video yang beresolusi sedang agar tidak terjadi  buffering. Tetapi jika koneksi internet lancar maka jangan ragu untuk memilih video yang  beresolusi tinggi agar mendapatkan video Youtube yang maksimal.

3. Bersihkan Cache Youtube

Istilah cache pastinya sudah tidak asing lagi terlebih bagi pengguna browser seperti Google Chrome dan Firefox. Cache tidak hanya terdapat pada browser saja, tetapi juga terdapat pada aplikasi Youtube. Salah satu cara mengatasi video Youtube yang lemot adalah dengan membersihkan cache.

Cache merupakan ruang khusus yang berada di dalam memori, fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan riwayat konten yang telah dibuka. Walau hanya bersifat sementara waktu, cache yang menumpuk akan menyebabkan video Youtube menjadi lemot.

Cara untuk menghapus cache yaitu dengan mengklik profil di bagian ujung kanan atas dan pilih menu setelan. Selanjutnya pilih History dan Privacy lalu klik Hapus Histori Tontonan, dan jangan lupa untuk menghapus cache bekas penelusuran.

Baca Juga : Cara Agar Video Di Youtube Tidak Buram, Youtubers Wajib Tahu

4. Gunakan VPN

Apabila koneksi internet sedang buruk namun ingin menonton video Youtube maka pengguna bisa melakukan bypass dengan memasang aplikasi VPN pada ponsel. Aplikasi ini bisa membantu untuk menstabilkan koneksi internet dan pengguna dapat langsung mengunduh di Google Play Store.

Rekomendasi aplikasi VPN salah satunya adalah Turbo VPN. Selain bisa menjaga kestabilan internet aplikasi ini juga memiliki server yang cukup lengkap sehingga sangat membantu dalam mengatasi video Youtube yang lemot.

5. Menggunakan Youtube Go

Bagi pengguna android dengan spesifikasi rendah Youtube Go bisa menjadi solusi ketika ingin menikmati video tanpa buffering. Youtube Go memiliki banyak fitur yang tidak terdapat pada Youtube standar pada umumnya.

Salah satunya yaitu Youtube Go menyediakan fitur unduh sehingga pengguna bisa mengulang-ulang video walau koneksi internet sedang buruk. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur kontrol penggunaan kuota dan penyimpanan sehingga memudahkan pengguna untuk melihat kuota dan penyimpanan yang tersedia.

Baca Juga : 5 Cara Memotong Video YouTube Untuk Status WA di HP Android Menggunakan Aplikasi

Jika mendapatkan Youtube lemot pengguna tidak usah kebingungan lagi mencari cara untuk dapat mengatasi hal tersebut. Ulasan diatas telah membahas berbagai cara mengatasi Youtube yang lemot dan bisa dicoba di berbagai jenis android maupun laptop.

Pos terkait