7 Mata Kuliah Sosiologi UI, Paling Unik dan Beda!

7 Mata Kuliah Sosiologi UI, Paling Unik dan Beda!

Setelah lulus SMA berminat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi? Coba saja jurusan Sosiologi Universitas Indonesia. Disebut juga dengan singkatan UI, Universitas Indonesia memiliki akreditasi A yang berarti sangat bagus. Namun sebelum masuk dan coba mendaftar di jurusan ini, ketahui dahulu mata kuliah Sosiologi UI yang unik dan membuat penasaran.

Untuk dapat diterima di Sosiologi UI harus berasal dari jurusan sosial untuk ujian SNMPTN. Di sisi lain, SBMPTN dan mandiri dapat diterima di Sosiologi UI dari jurusan apapun asalkan memenuhi syarat yaitu mencapai batas atau lolos seleksi melalui ujian. Kembali ke topik, pastinya penasaran bukan untuk mengetahui mata kuliah Sosiologi UI yang unik yaitu:

Bacaan Lainnya

1. Sosiologi Bencana dan Lingkungan Hidup

Mata kuliah pertama yang ada di Sosiologi UI adalah sosiologi bencana dan lingkungan hidup dan masuk ke dalam kelompok mata kuliah pilihan. Pada mata kuliah pilihan berarti mahasiswa bebas memilih untuk mengambilnya atau tidak. Ilmu Sosiologi yang terkait pada kehidupan manusia, ketika terjadi bencana Sosiologi mencoba untuk melihat tingkat kerentanan dan fenomena masyarakatnya.

Baca Juga : Ketahui 5 Materi Ujian Nasional Biologi SMA Berikut Ini!

2. Transformasi Konflik

Masih pada mata kuliah Sosiologi UI pilihan yaitu ada transformasi konflik yang melihat perkembangan dan perputaran permasalahan atau konflik di antara masyarakat. Pada mata kuliah ini, Sosiologi ingin melihat bagaimana konflik dapat berhasil, sekaligus kemunculan, cara penanganan, dan sebagainya. Untuk dapat mengambil mata kuliah ini, mahasiswa setidaknya berada pada semester 6.

3. Sosiologi Gender

Kemudian ada sosiologi gender sebagai mata kuliah Sosiologi UI yang ketiga, kata gender sepertinya tidak asing lagi bagi masyarakat. Pada kajian yang dilakukan oleh mata kuliah Sosiologi, gender merupakan salah satu kajian mata kuliah yang cukup menonjol. Topik pembicaraannya meliputi analisis isu realitas, konstruksi sosial, dimensi sosial, dan sebagainya dari sudut pandang gender.

Baca Juga : 5 Materi Pelajaran TK Nol Kecil yang Sering Digunakan

4. Analisis Kriminalitas dan Korupsi

Sosiologi yang mengkaji aspek bermasyarakat, maka kriminalitas dan korupsi juga ikut menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Biasanya melakukan analisis kajian studi kasus atau permasalahan yang ada, kemudian dijabarkan untuk diketahui rinciannya.

5. Sosiologi Fashion

Berikutnya ada mata kuliah di Sosiologi yang cukup unik dan termasuk dalam kelompok mata kuliah pilihan pada semester 5. Kajian pada sosiologi fashion juga beragam seperti melihat kepercayaan diri terhadap pakaian atau menggunakan sudut pandang perusahaan untuk merilis busana. Bagi sebagian orang, mungkin hal ini cukup remeh namun tentu saja sangat menarik.

6. Psikologi Sosial

Beralih ke mata kuliah yang mungkin juga ada di jurusan Psikologi yaitu psikologi sosial yang juga melakukan kajian terhadap hal yang terjadi. Perbedaannya hanya saja psikologi sosial melihat lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi, bagaimana prosesnya, dan mengatasi kasus tersebut. Topik umum psikologi sosial yang sering diangkat adalah seputar pencurian data, kemiskinan, dan lainnya.

7. Sosiologi Periklanan

Terakhir ada sosiologi periklanan yang memiliki bobot 3 SKS dan menjadi kelompok mata kuliah pilihan yang ada di semester 6. Seperti beberapa mata kuliah sebelumnya, sosiologi periklanan juga melihat beberapa sudut pandang dari penonton dan perusahaan. Misalnya bagaimana efektivitas suatu iklan terhadap pasar dan konsumen, serta dampak yang dimunculkan.

Baca Juga : Ketahuilah 7 Materi Sejarah SBMPTN yang Sering Masuk Dalam Soal

Itulah beberapa mata kuliah Sosiologi UI yang disampaikan, sebenarnya masih ada berbagai macam mata kuliah lain yang ada di jurusan tersebut. Selain itu, biasanya pada awal perkuliahan seperti semester 1 atau 2 akan memperoleh mata kuliah umum yang ada untuk semua orang. Sebagai tambahan informasi, ada 2 kelompok mata kuliah yaitu wajib dan pilihan.

 

Pos terkait