Cara Mengobati Susah BAB Secara Alami Tanpa Obat Pencahar

Cara Mengobati Susah BAB Secara Alami Tanpa Obat Pencahar

Ketika susah buang air besar (BAB), aktivitas keseharian menjadi terganggu karena perut akan terasa tidak nyaman. Selain membuat penderitanya tidak nyaman, sembelit atau susah BAB juga harus diwaspadai karena penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Agar sembelit tidak berlangsung lama, simak beberapa cara mengobati susah BAB secara alami tanpa obat pencahar dibawah ini:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Susah BAB atau disebut juga sembelit seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan makanan berserat dalam tubuh. Kekurangan makanan berserat mengakibatkan feses menjadi keras dan kering. Kandungan serat yang bermanfaat untuk pencernaan terdapat pada sayuran, apel, gandum, kacang-kacangan, alpukat dan brokoli.

Bacaan Lainnya

Asupan serat yang cukup juga dapat membantu memudahkan kontraksi usus sehingga perpindahan feses dari usus ke rektum lebih lancar. Karenanya, mengkonsumsi makanan berserat dapat menjadi cara yang tepat untuk menghilangkan susah BAB.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

2. Banyak Minum Air Putih

Susah BAB bisa disebabkan oleh cairan di dalam tubuh yang jumlahnya tidak tercukupi. Oleh karena itu cara mengobati susah BAB secara alami dan paling mudah dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh yang dapat dipenuhi dengan minum air putih.

Usus besar membutuhkan cairan untuk mengolah sisa makanan menjadi feses, karena itu jika tubuh kekurangan cairan maka usus besar pun tidak dapat memproses hal tersebut dengan sempurna dan hasilnya adalah feses menjadi kering dan keras.

Selain dari air putih, cairan juga bisa didapatkan dari minum jus buah dan sayuran berkuah. Minum soda tawar juga bisa mengatasi sulit BAB karena air soda dapat menghidrasi tubuh dan menghilangkan gejala sembelit.

3. Minum Larutan Garam Epsom

Garam Epsom atau disebut juga garam inggris memiliki khasiat untuk mengatasi susah BAB. Kandungan magnesium sulfat yang terdapat dalam garam Epsom jika dilarutkan dengan air dapat mengobati sembelit jangka pendek.

Larutkan kurang lebih tiga hingga lima sendok teh garam Epsom pada segelas air hangat berukuran 250 ml, aduk rata kemudian minum. Untuk anak berusia 6-12 tahun gunakan takaran dua sendok teh garam Epsom. Sebagai catatan yang penting untuk diperhatikan, larutan garam Epsom tidak boleh diberikan kepada anak berusia dibawah 6 tahun atau diberikan dalam jangka panjang.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

Selain diminum, garam Epsom juga bisa dilarutkan pada air mandi dan digunakan untuk berendam. Kandungan mineral dari garam ini akan meresap kedalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan sehingga sembelit dapat teratasi.

4. Menggunakan Larutan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati susah BAB, caranya dengan melarutkan satu sendok makan minyak virgin olive oil pada segelas air jeruk hangat kemudian diminum. Kandungan minyak zaitun dapat membuat feses menjadi lunak sehingga BAB pun jadi lebih lancar.

Namun sama hal nya seperti penggunaan garam Epsom, larutan minyak zaitun tidak untuk digunakan dalam jangka panjang. Gunakan larutan minyak zaitun untuk sembelit atau susah BAB jangka pendek saja.

5. Minum Kopi

Selain kandungan kafein yang dapat merangsang otot usus besar untuk berkontraksi, serat larut dalam kopi juga membantu menyeimbangkan bakteri dalam usus sehingga dapat menghilangkan sembelit. Dengan demikian minum kopi dapat menjadi alternatif untuk mengobati susah BAB.

Namun minum kopi secara berlebihan juga tidak disarankan karena kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi akibat buang air kecil terus menerus. Cukup konsumsi segelas kopi di pagi hari diiringi dengan konsumsi air putih agar BAB lancar setiap hari.

6. Minum Air Lemon

Peraslah jeruk lemon dan campurkan dalam segelas air hangat setiap pagi. Dengan meminum air perasan jeruk lemon secara rutin, selain mengobati susah BAB pada jangka pendek juga dapat merawat kesehatan pencernaan dalam jangka panjang.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Batuk Berdarah Secara Alami

Demikian ulasan mengenai cara mengobati susah BAB secara alami dan tanpa obat pencahar. Jagalah pola makan dan asupan cairan tubuh agar terhindar dari penyakit sembelit atau susah BAB dan kegiatan sehari-hari pun menjadi lebih lancar dan nyaman.

 

Pos terkait