Mencari 5 Perbedaan Kura Kura Jantan Dan Betina Ternyata Mudah Ditemukan, Simak Tipsnya

Perbedaan Kura Kura Jantan Dan Betina

Kura kura adalah hewan ovipar yang termasuk ke dalam hewan favorit untuk dipelihara. Memelihara kura kura dapat berpotensi menghilangkan stres dan menjaga hewan bercangkang ini dari kepunahan. Namun, sebelum memelihara kura kura, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan kura kura jantan dan betina.

Kalau hanya dilihat secara sekilas, bentuk kura kura jantan dan betina sama saja. Padahal, perbedaan di antara kedua jenis ini cukup signifikan. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari:

Bacaan Lainnya

1. Plastron

Letak perbedaan kura kura jantan dan betina yang pertama adalah plastron. Yang dimaksud dengan plastron adalah kulit cangkang bagian bawah kura kura. Plastron ini tidak sekeras cangkang atas kura kura yang biasa disebut tempurung.

Pada kura kura jantan, plastron berbentuk cekung ke dalam. Cekungan ini berfungsi untuk membantu kura kura jantan pada masa kawin. Plastron kura kura betina sendiri lebih berbentuk lurus dan rata. Bentuk ini berguna untuk memudahkan induk kura kura menanam telur di pasir.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kura Kura Mogok Makan

2. Ekor

Ekor adalah bahan pembeda jenis kura kura yang selanjutnya, ekor memiliki definisi sebagai bagian ujung belakang pada hewan. Pada beberapa hewan, ekor berfungsi sebagai alat gerak, alat keseimbangan tubuh, dan alat pemegang sesuatu.

Kura kura dibedakan dengan cara mengukur ekor. Kura kura yang memiliki ekor lebih panjang berarti berjenis kelamin laki laki, sedangkan ekor pendek berarti perempuan. Pangkal ekornya juga berbeda. Pada jantan, pangkal ekornya besar dan kuat, pangkal ekor betina sendiri berukuran kecil.

3. Kloaka

Istilah kloaka terdengar masih sangat asing di telinga para awam. Kloaka adalah lubang saluran yang berada pada ekor kura kura. Saluran ini sering dijadikan bahan patokan untuk mengenali jenis kelamin kura kura dan terbukti cukup akurat.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Menjemur Kura Kura Brazil Yang Tepat

Kloaka kura kura jantan lebih panjang dari betina. Bentuknya seperti belahan dam terletak di ujung ekor kura kura. Sedangkan, kloaka milik betina lebih bundar dan terletak sedikit tersembunyi dari cangkang. Para pemelihara yang sudah paham akan langsung mengerti dalam sekali lihat.

4. Kuku Kaki atau Cakar

Kura kura berjalan menggunakan empat kaki dan memiliki kuku di jari jari kakinya. Kuku kura kura berfungsi untuk membantunya berjalan di permukaan pasir agar tidak tergelincir. Pada kura kura jantan, fungsi kuku bertambah menjadi sarana bertahan hidup.

Artinya, kura kura jantan menggunakan cakarnya untuk berkelahi. Memperebutkan wilayah, makanan, dan betina dilakukan para jantan dalam waktu tertentu. Itu sebabnya kuku yang dimiliki kura kura jantan lebih runcing dan tajam, juga ramping. Betina sendiri memiliki cakar yang pendek dan tidak seruncing milik kura kura jantan.

5. Cangkang

Cara terakhir untuk melihat perbedaan kura kura jantan dan betina adalah dengan cangkangnya. Cangkang kura kura digunakan untuk tempat bertahan hidup dan melindungi diri. Cangkang ini sudah dibawa oleh kura kura sejak kecil dan akan terus melekat sampai ratusan tahun nanti.

Membedakan jantan dan betina dari cangkang adalah dengan melihat ukurannya. Ukuran cangkang kura kura jantan lebih besar dan lebih ramping. Sedangkan untuk betinanya sendiri cangkangnya lebih berbentuk bulat dan melebar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

Ada satu cara lagi untuk memastikan perbedaan kura kura jantan dan betina, yaitu dengan melihat kelaminnya secara langsung. Kura kura jantan memiliki himpenis yang terletak di bawah plastron dan betina tidak memilikinya. Cara cara ini pasti akan berguna jika ingin memelihara dan mengembangbiakkan hewan hijau bercangkang keras ini.

Pos terkait