Mata Kuliah Administrasi Niaga UI yang Akan Dipelajari Selama di Bangku Kuliah

Mata Kuliah Administrasi Niaga UI yang Akan Dipelajari Selama di Bangku Kuliah

Administrasi UI menjadi salah satu program sarjana yang sangat banyak peminatnya. Program sarjana ini meliputi 3 jurusan yaitu Administrasi Niaga, Administrasi Negara dan yang ketiga Administrasi Fiskal. Lalu, mata kuliah apa saja mata kuliah Administrasi Niaga UI yang akan dipelajari? Jika penasaran, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini:

1. Filsafat dan Etika Administrasi

Salah satu kuliah Administrasi Niaga UI yang akan dipelajari adalah filsafat dan etika administrasi. Mata kuliah ini mempelajari tentang cara pandang yang berkenaan dengan pelaksanaan kebijakan administrasi yang telah dibuat oleh negara. Hal ini akan menjadi pedoman dan acuan pada mahasiswa dalam menjalankan tugas sebagai administrator nantinya.

Bacaan Lainnya

Filsafat dan etika berkaitan erat dengan nilai dan moral yang harus dilakukan oleh administrator. Sehingga setelah mempelajari mata kuliah filsafat dan etika administrasi, diharapkan setelah lulus mahasiswa mampu menerapkannya di lingkungan kerja. Biasanya mata kuliah ini diajarkan di semester 1.

Baca Juga : Inilah Mata Kuliah Teknik Mesin UI yang Wajib Diambil

2. Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis

Yang dipelajari pada mata kuliah pengantar ilmu administrasi bisnis adalah materi administrasi secara teori dan juga fungsi bisnis. Selain itu, komunikasi bisnis juga termasuk materi yang akan dipelajari. Keterkaitan antara bisnis dan lingkungannya, serta kompleksitas masalah yang terjadi di dunia bisnis saat ini, juga dibahas di dalam mata kuliah ini.

Dengan adanya mata kuliah ini, ketika mahasiswa sudah bekerja dapat menerapkan teori yang telah dipelajari dalam menentukan keputusan bisnis. Namun, tetap harus memperhatikan setiap tantangan dan dinamika yang sedang dihadapi dalam dunia bisnis.

3. Teori Organisasi

Mata kuliah selanjutnya ada teori organisasi, dimana mempelajari tentang sudah sejauh mana sebuah organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif. Teori organisasi sangat penting dipelajari oleh mahasiswa administrasi niaga, karena materi juga ada hubungannya dengan sebuah perusahaan bisnis. Dengan memahami mata kuliah ini, mahasiswa akan lebih mudah menempatkan diri dalam perusahaan.

Baca Juga : 6 Mata Kuliah Arsitektur ITB Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Mendaftar Kuliah di ITB

Mata kuliah teori organisasi memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan kerja. Manfaat tersebut, seperti mampu mengelola waktu dengan baik, meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, kehidupan dalam dunia bisnis juga dapat menjadi lebih baik.

4. Analisis Bisnis

Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana cara melakukan analisis bisnis secara efektif dan efisien. Materi yang dipelajari mencakup peranan analisis bisnis, analisis resiko serta mengatur dan menyimpan data yang sedang diperlukan. Selain itu, diajarkan pula teknik dalam mengkonstruksikan data perusahaan.

Adanya mata kuliah ini, mahasiswa menjadi tahu cara yang tepat dalam menganalisis bisnis. Dengan demikian, penyusunan strategi untuk mengembangkan bisnis juga pasti akan menjadi lebih mudah dan terarah.

5. Pengantar Akuntansi

Mata kuliah pengantar akuntansi mengajarkan keterampilan dalam menyusun laporan keuangan suatu perusahaan baik di bidang barang maupun jasa. Penyusunan laporan disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan yang ada. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat paham dengan segala macam keperluan akuntansi, mulai dari modal hingga piutang.

Mahasiswa juga harus paham dengan seperti apa gambaran dari akuntansi manajemen suatu perusahaan. Selain itu, mengetahui juga tentang penyusunan laporan arus kas yang sederhana untuk keperluan pengambilan keputusan perusahaan.

Baca Juga : 6 Mata Kuliah Manajemen Undip yang Penting

Demikianlah pembahasan mengenai mata kuliah administrasi niaga UI yang akan dipelajari selama beberapa semester di bangku kuliah. Lulusan dari program studi administrasi niaga cukup menjanjikan di masa depan, karena banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan program studi tersebut. Apalagi jika lulusan dari UI, sudah pasti banyak perusahaan yang ingin merekrut.

 

Pos terkait