Kenapa Kelinci Cepat Mati Ini Jawabannya

Kenapa Kelinci Cepat Mati Ini Jawabannya

Kelinci adalah salah satu hewan yang lucu untuk dijadikan peliharaan. Anehnya, cukup banyak kejadian mengenai kelinci yang cepat mengalami kematian. Sedih rasanya kehilangan hewan kesayangan namun, masih banyak yang tidak mengetahui kenapa kelinci cepat mati. Berikut adalah ulasan mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan kematian dini bagi kelinci:

1. Kelinci Mengalami Kembung

Penyebab pertama dari kenapa kelinci cepat mati adalah masuk angin atau kembung. Kelinci adalah hewan yang mudah mengalami masuk angin. Hal ini dikarenakan perut yang tidak elastis sehingga tidak mampu melebar ketika menerima angin yang masuk. Kelinci diciptakan memiliki katup proximal, katup ini berfungsi untuk mengurangi peluang kelinci mengalami kembung.

Keadaan biologis ini lah yang membuat kelinci menjadi rawan masuk angin. Bagi pemilik kelinci, harus mampu membedakan mana kelinci yang hamil dan mana yang masuk angin. Hal tersebut untuk menentukan tindakan selanjutnya agar kelinci tidak sampai mengalami kematian.

Baca Juga : 5 Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

2. Tidak Mendapat Tempat Tinggal yang Layak

Jawaban kedua dari kenapa kelinci cepat mati adalah terkait tempat tinggalnya. Kelinci adalah hewan yang dasarnya sensitif terhadap penyakit terutama jika tinggal di lingkungan yang tidak nyaman dan kotor. Tubuh yang lemah menyebabkan pemilik kelinci harus selalu membersihkan kandangnya untuk menghindari kematian kelinci.

Faktor kebersihan yang sudah terpenuhi belum menjamin akan kelangsungan hidup kelinci. Kelinci adalah hewan yang aktif, sehingga jika dikurung dalam kandang tanpa interaksi menyebabkan kelinci mengalami stres. Hal tersebut bisa diatasi dengan kebiasaan merawat kelinci dan membiarkan sesekali bermain bebas di halaman.

Kelinci butuh interaksi dari lingkungan, tetapi kelinci harus dijauhkan dari anak kecil dan kebisingan kendaraan. Anak kecil sering kali bermain tanpa memikirkan akibatnya pada hewan peliharaan. Hal tersebut akan mengakibatkan kelinci ketakutan dan mengalami stres.

3. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Tepat

Faktor makanan adalah hal yang wajar dan sudah cukup umum. Setiap makhluk hidup memiliki makanannya masing-masing, begitupun kelinci. Kelinci dianggap sebagai hewan hias sehingga sering kali diberi makan sembarangan. Contoh makanan yang tidak seharusnya diberikan kepada kelinci adalah coklat dan jagung.

Kelinci sudah memiliki makanannya sendiri, untuk itu pemilik harus sering memperhatikan hal tersebut. Makanan yang dapat dikonsumsi oleh kelinci contohnya adalah wortel, selada, dan kangkung. Pemberian makanan juga harus diperhatikan, tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kekurangan.

Baca Juga : Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

4. Terpengaruh Suhu Luar Ruangan

Kelinci adalah hewan yang terbiasa menggali tanah dan membuat lubang untuk menjadikannya rumah. Hal ini terkait dengan suhu luar ruangan yang sering berubah-ubah. Sensitif terhadap suhu menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan kenapa kelinci cepat mati. Suhu luar ruangan yang berubah dengan cepat membuat kelinci kesulitan untuk beradaptasi.

Tempat berteduh adalah hal yang wajib disiapkan oleh pemilik kelinci. Menyiapkan halaman yang memungkinkan kelinci untuk menggali juga adalah hal yang baik untuk adaptasi lingkungan.

5. Kelinci Diserang oleh Lalat

Penyebab kelima ini adalah penyebab yang banyak tidak disadari oleh pemilik kelinci. Lalat yang membawa kuman sangat mudah untuk menghinggap pada kelinci. Hal ini akan memungkinkan lalat menaruh telurnya di atas kulit kelinci karena ketidaktahuan pemilik.

Telur lalat yang menetas dapat menyerang kelinci dari dalam tubuh dan juga dari luar sehingga menyebabkan kematian. Hal ini dapat dihindari dengan membersihkan kandang secara rutin.

6. Tidak Menerima Vaksin Tahunan

Jawaban terakhir kenapa kelinci cepat mati adalah akibat kelinci tidak menerima vaksin tahunan. Kelinci harus diberikan vaksin secara rutin sekali dalam setahun. Hal ini memiliki tujuan untuk mengurangi potensi terserang penyakit yang dapat menyebabkan kematian dini.

Baca Juga : Kenali Jenis Jenis Kelinci Rex yang Ada di Dunia

Itu dia uraian mengenai penyebab kematian dini yang dialami oleh kelinci. Bagi pemilik kelinci harus selalu sigap untuk membawa ke dokter hewan jika terdapat gejala penyakit tertentu. Jangan sampai hanya karena kelalaian menghilangkan nyawa hewan peliharaan.

Pos terkait