5 Game Mengasah Otak Ini Tingkatkan Logika Pemainnya

Game yang semakin berkembang abad ini sudah banyak genrenya. Dari sekedar sebagai pembunuh waktu luang hingga game mengasah otak. Permainan jadul seperti teka-teki maupun sudoku sudah bisa dinikmati di layar ponsel. Terlebih, banyak game lainnya yang cukup diminati dan ramai dibicarakan. Berikut ini rekomendasinya:

1. Teka-teki Silang

Teka Teki Silang

Bacaan Lainnya

Permainan ini cukup klasik di generasi ’90-an ke bawah. Game ini sendiri dimulai dengan media cetak seperti majalah, koran, maupun buku khusus berisi TTS. Seiring perkembangan zaman, banyak developer game yang menampilkan TTS dalam bentuk aplikasi ponsel sehingga bisa diberikan fitur yang lebih banyak.

Pengguna cukup mencari kata kunci teka-teki silang yang akan memunculkan berbagai permainan terkait yang sudah ditambah fitur-fitur pemanis permainan. Game mengasah otak ini dapat melatih daya ingat, menguji pengetahuan, juga kemampuan verbal pemainnya. Game ini seru juga untuk dijadikan game main bareng offline bersama orang-orang terdekat.

Download Gamenya Disini

2. Sudoku

Game Sudoku

Sudoku merupakan game berbasis logika matematis yang dimainkan dengan mengetik angka dengan aturan tertentu. Permainan ini cukup membuat otak terasah karena harus menyelesaikan kotak kosong untuk memenangkan game tersebut. Di Play Store sendiri berbagai jenis sudoku dapat ditemukan yang dibuat lebih berwarna.

Baca Juga : Game Mabar Berdua yang Cocok Dimainkan Saat Waktu Luang

Tampilan permainannya yaitu kotak tampilan yang dimunculkan ada 9×9 yang isinya sudah ada sebagian. Selanjutnya, pemain diminta mengisi kotak yang ada dengan angka satu hingga sembilan. Pemain tidak boleh mengisi kotak dengan angka yang sama pada baris horizontal maupun vertikal dan satu kelompok kotak 3×3.

Download Gamenya Disini

3. 2048

Game 2048

Nama game ini diambil dari tujuan permainan yang menambah angka ganjil hingga mencapai jumlah 2048. Pemain cukup menggeser kotak yang berisi angka ke angka yang sama untuk dijumlahkan. Setiap geseran yang tergabung atau tidak, akan memunculkan angka baru. Apabila layar penuh namun belum menghasilkan angka 2048, pemain akan kalah.

Meskipun menang dengan satu kotak berisi angka 2048, penjumlahan dapat terus dilakukan sehingga kotak memenuhi layar permainan. Game gratis ini mendapat rating 4,6 dari lima bintang. Permainan offline tetap memunculkan iklan kecuali menggunakan akses premium yang berbayar. Game ini bisa dimainkan oleh remaja hingga dewasa.

Download Gamenya Disini

4. Brain Fitness

Game Brain Fitness

Game ini diklaim mampu mengembangkan kemampuan kognitif, daya ingat, serta konsentrasi pemainnya. Dibangun dengan bantuan ahli saraf, tingkat kesulitan game sudah disesuaikan dengan profil yang terdaftar. Salah satu game jenis ini berjudul Cognifit Brain Fitness yang dapat diunduh di toko aplikasi ponsel. Atau, gunakan aplikasi sejenis dengan tingkat kesulitan lebih.

Baca Juga : 5 Game Penghasil Gopay dan e-Wallet Lainnya

Permainan dengan kata kunci brain sendiri juga bervariasi. Pengguna bisa memilih salah satu game yang dirasa lebih mudah atau ingin permainan menantang yang lebih sulit.

Download Gamenya Disini

5. Unblock Me

Game Unblock Me

Game ini menguji kemampuan pemain dalam menyelesaikan masalah dan mengasah kognitif pemain. Cara bermainnya adalah meloloskan satu balok merah dari penghambat menuju jalan keluar. Saat bermain, pengguna harus memecahkan langkah yang harus diambil dan berpikir dengan logis.

Tingkat permainan ini bisa mencapai empat puluh ribu bahkan lebih. Mode permainan yang disajikan ada tiga. Di antaranya mode santai untuk permainan yang tidak memerlukan waktu cepat. Selanjutnya, mode tantangan yang diukur dengan hitung mundur. Terakhir, permainan harian yang memakai perhitungan waktu maju.

Download Gamenya Disini

Demikian ulasan mengenai game mengasah otak yang seru untuk dimainkan. Genre game lain seperti bermain peran maupun sekedar hiburan ringan tetap menyenangkan juga. Kebanyakan permainan memang ditujukan untuk melepas stres apabila game untuk mengasah otak dirasa menambah pikiran. Tetap tentukan waktu yang tepat untuk screen time agar rutinitas sehari-hari tidak terganggu.

Pos terkait