Fakta Fakta Unik dan Menarik dibalik Tahun Baru Imlek

Fakta Fakta Unik dan Menarik dibalik Tahun Baru Imlek

Selingkaran.com – Sebentar lagi kita akan merayakan Tahun Baru Imlek, yang sudah pasti masyarakat akan merayakannya setiap tahunnya, dan imlek sendiri sangat identik dengan yang namanya pesanan dan juga kue kerannjang. Nah Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 19 Februari 2015 tepatnya pada hari Kamis.

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama ((Tionghoa); pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti “malam pergantian tahun”.

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2009 masehi “Tahun Tionghoa” dapat jadi tahun 4707, 4706, atau 4646.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Baru_Imlek

Nah apakah anda ingin tau apa sih fakta-fakta menarik dibalik perayaan Tahun Baru Imlek? yuk mari netizen kita simak bersama…

Asal-usul Imlek

2743888_20130207094140

Diyakini jika perayaan Tahun Baru China sudah dimulai sejak pertengahan abad ke-14 SM. Oleh karena itu, perayaan ini menjadi salah satu perayaan tertua di dunia. Menurut legenda, Imlek merupakan perayaan atas kemenangan melawan Nian.

Nian adalah seekor hewan yang jahat dan tampak lapar. Hewan tersebut menyerbu China dan memakan hewan ternak serta anak-anak yang tak berdaya. Untuk menjaga agar Nian keluar dari kandang ayam dan dapat ditangkap, penduduk desa pun diminta mengenakan pakaian merah, menggantung berbagai tanda-tanda merah, serta menimbulkan suara-suara keras. Ketiga hal tersebut akhirnya menjadi ciri khas perayaan Tahun Baru China hingga saat ini. Meskipun begitu, di beberapa daerah terdapat perbedaan perayaan.

Kata “Nian” akhirnya digunakan sebagai pengganti kata “Tahun” dalam bahasa China. Oleh karena itu, Guo Nian menjadi ucapan Tahun Baru yang diucapkan secara tradisional. Namun, Kung Hei Fat lebih sering diucapkan oleh orang Kanton dan Gong Xi Fa Cai yang lebih populer digunakan sebagai ucapan Selamat Tahun Baru China berasal dari bahasa Mandarin.

19 Miliar Ucapan Imlek Terkirim dalam Sehari!

we-chat-140204b

Pada 2010 diperkirakan 210 juta orang China naik pesawat, bus, dan kereta api untuk melakukan perjalanan mudik. Tak hanya itu, perayaan Tahun Baru China pun berhasil memecahkan rekor dunia untuk banyaknya teks ucapan selamat Tahun Baru yang paling banyak dikirim dalam satu hari, kini rekornya mencapai 19 miliar teks ucapan.

Tak Hanya China, Seluruh Dunia Rayakan Imlek!

2743888_20130207094919

Jika Anda berpikir perayaan Imlek hanya dirayakan di China, keliru! Ini adalah festival terpanjang dan terpenting bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia. Bahkan, perayaan ini menjadi hari libur nasional bagi negara-negara, seperti China, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Tahun Baru China dirayakan oleh masyarakat Tionghoa dan pecinan di seluruh dunia.

Duar! Petasan Meledak, Roh Jahat pun Kabur

2743888_20130207095207

Hal lain yang selalu ada saat Imlek adalah petasan. Bahkan, petasan menjadi fitur utama dari Tahun Baru China. Petasan yang digunakan biasanya petasan tradisional yang digulung dalam kertas merah dan dirangkai dalam jumlah besar. Tujuannya untuk menciptakan ledakan memekakkan telinga, dan saat dinyalakan bisa menakut-nakuti roh jahat.

Pembakaran petasan juga menandakan sukacita dan kebahagiaan. Sayangnya, penggunaan petasan oleh masyarakat telah dilarang di sebagian besar negara yang merayakan Imlek.

Penggunaan petasan yang terkendali masih diselenggarakan oleh pemerintah sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru China di beberapa China Town, seperti di Australia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Belanda. Di Hong Kong dan Singapura, kembang api yang ditampilkan serupa dengan kembang api saat pergantian tahun baru Masehi.

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/5113bf120a75b4416000000b/8-fakta-di-balik-perayaan-imlek

Selain fakta fakta menarik diatas, ada beberapa cerita zaman dahulu mengenai Imlek, untuk itu anda bisa membaca selengkapnya disini :  Sejarah dan Mitos dibalik Tahun Baru Imlek. 

Dan jangan lupa untuk menyemarakan dan berbagi ucapan menggunakan dp bbm bisa dilihat disini : DP BBm Imlek

Nah Bagaimana netizen? sangat menarik bukan fakta menarik dibalik imlek diatas?

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook