5 Cara Mengatasi Kura Kura Mogok Makan

5 Cara Mengatasi Kura Kura Mogok Makan

Memiliki kura-kura yang mogok makan tentu akan membuat perasaan menjadi khawatir. Sebab tidak hanya menyebabkan kelaparan, tapi juga membuat kura-kura jatuh sakit. Mogok makan biasanya disebabkan karena kura-kura stres, suhu dan pencahayaan kurang baik, serta pola makan yang keliru. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi kura kura mogok makan? Simak pembahasannya berikut ini:

1. Beri Makan saat Subuh

Kura-kura biasanya lebih aktif saat subuh. Pada saat tersebut, kura-kura juga cenderung untuk mencari makan. Sehingga kebanyakan kura-kura akan menolak untuk makan jika diberi makan pada waktu selain subuh. Disarankan untuk memberi kura-kura makan pada kisaran pukul 04.30 atau 05.30 subuh. Makanan bisa juga diberikan pada waktu mendekati munculnya fajar.

Bacaan Lainnya

Waktu makan ini juga perlu disesuaikan dengan cuaca. Jika terjadi hujan saat subuh, sebaiknya tunggu beberapa saat terlebih dahulu sebelum memberi makan kura-kura. Sebab, hujan saat subuh ini akan membuat kura-kura kedinginan. Namun, ada juga jenis kura-kura yang justru suka makan saat hujan turun pada waktu subuh.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Menjemur Kura Kura Brazil Yang Tepat

2. Tawarkan Makanan Berbeda

Kura-kura melakukan mogok makan mungkin dikarenakan kura-kura tidak menyukai makanan yang ditawarkan. Cobalah untuk menawarkan jenis makanan berbeda setiap hari hingga menemukan makanan yang disukai kura-kura. Tidak ada salahnya juga untuk menulis catatan tentang respon yang diberikan kura-kura terhadap makanan-makanan yang ditawarkan tersebut.

3. Berikan Makanan Hidup

Cara mengatasi kura kura mogok makan dapat disiasati dengan memberikan makanan hidup pada kura-kura. Kura-kura memiliki ketertarikan pada suatu hal yang bisa bergerak. Sehingga kura-kura kemungkinan menyukai makanan hidup yang bergerak pula. Selain bisa bergerak, makanan hidup itu memiliki bau kuat yang dapat menarik minat kura-kura.

Makanan hidup yang disarankan untuk kura-kura adalah cacing jangkrik, siput, dan tikus yang baru lahir. Tetapi perlu diperhatikan, jangan memberi makan kura-kura dengan cacing dari tanah yang digali di luar rumah. Hal ini dikarenakan cacing tersebut dapat tercemar oleh bahan kimia dari tanah. Sebaiknya cacing ini dibeli di toko umpan.

Baca Juga : 5 Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

4. Campur Pelet dengan Makanan Lain

Makanan pokok untuk kura-kura biasanya adalah pelet atau makanan kering. Jika kura-kura tidak mau memakan pelet ini, maka pelet bisa dicampur dengan makanan lain. Cobalah untuk mencampurkan pelet dengan makanan hidup seperti pembahasan sebelumnya.

Pelet juga bisa direndam dalam jus buah atau minuman olahraga tanpa kafein untuk membuat kura-kura terdorong untuk makan. Selain itu, pelet juga dapat direndam dalam air tuna kalengan. Hal ini membuat bau pelet menjadi lebih kuat sehingga meningkatkan selera makan kura-kura.

5. Berikan Makanan Berwarna Cerah

Selain makan hidup yang berbau kuat, kura-kura juga menyukai makanan yang memiliki warna cerah. Makanan berwarna cerah yang bisa diberikan yaitu pepaya, semangka, tomat, stroberi, kelopak mawar, serta buah dan sayuran berwarna cerah lainnya. Jika menggabungkan antara makanan hidup dengan makanan berwarna cerah, maka tingkat akan lebih berhasil.

Buah sebenarnya bukan makanan pokok kura-kura, namun tidak ada salahnya memberikan buah-buahan agar kura-kura tidak mogok makan lagi. Selain itu, sayuran lebih bermanfaat bagi kura-kura dibandingkan dengan buah. Sehingga merendam sayuran dalam air tuna juga bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi kura-kura yang mogok makan.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Itulah 5 cara mengatasi kura kura mogok makan. Meskipun kura-kura bisa tahan lama tanpa makanan, bukan berarti kura-kura bisa bertahan hidup tanpa makanan. Sehingga ketika menemui kura-kura yang mogok makan, cara-cara di atas dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 

Pos terkait